Liputan Khusus

Jadi Ancaman Nyata Begini Komitmen Desa Pakraman Atasi Sampah Plastik

Pemerintah melakukan berbagai upaya mengatasi persoalan sampah, khususnya sampah plastik, yang menjadi ancaman nyata

Jadi Ancaman Nyata Begini Komitmen Desa Pakraman Atasi Sampah Plastik
Tribun Bali/Rizal Fanany
Anak-anak bermain di Pantai Mertasari, Sanur Denpasar, yang penuh dengan sampah plastik dan kayu, Senin (9/10). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pemerintah melakukan berbagai upaya mengatasi persoalan sampah, khususnya sampah plastik, yang menjadi ancaman nyata bagi lingkungan hidup dan dunia pariwisata Bali.

Termasuk melibatkan desa pakraman untuk ikut mengatasi terus meningkatnya sampah plastik di Pulau Dewata.

Baru-baru ini Pemprov Bali mengumpulkan ratusan desa pakraman untuk berkomitmen terhadap permasalahan sampah. Dimulai dari komponen dasar (desa) yang akan membangun kesadaran masyarakat terhadap sampah.

Ke depan, perangkat desa diproyeksikan akan melakukan pengelolaan sampah di lingkungannya.

"Kemarin saat kita pertemuan di BTID dalam rangka Tri Hita Karana for Clean Bali sudah dikumpulkan 300 desa pakraman, rencana bulan Agustus di-launching dengan melibatkan desa pakraman seluruh Bali untuk pengelolaan sampah plastik," ujar Kepala UPT Pengolahan Sampah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bali, Ni Made Armadi, belum lama ini.

Konsep ini tidak akan terwujud apabila pihak desa dan masyarakat tidak serius melakukan pembenahan menuju lingkungan yang bersih dari polusi sampah.

Perubahan perilaku masyarakat sangat diharapkan pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan sampah yang tak kunjung usai.

Armadi menegaskan, masyarakat jangan menunggu bencana baru sadar akan sampah. Semua harus dilakukan melalui pencegahan secara berkesinambungan.

"Yang paling penting itu peran serta masyarakat bagaimana masyarakat itu peduli terhadap lingkungan, masih banyak yang buang sampai ke sungai buang ke got nanti saat musim hujan banjir," jelasnya.

Pihak UPT Pengelolaan Sampah, kata Armadi, juga sudah melakukan upaya mengurangi sampah plastik yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya di Bali.

Halaman
12
Penulis: Fauzan Al Jundi
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved