Susi Susanti dan Hamish Daud Akan Bawa Obor Asian Games 2018 di Bali, Mulai Dari Pantai Kuta

Ada setidaknya 6 titik persinggahan utama obor Asian Games 2018 selama diarak di Bali.

Susi Susanti dan Hamish Daud Akan Bawa Obor Asian Games 2018 di Bali, Mulai Dari Pantai Kuta
Tribun Bali / Dwi Saputra
Grafis 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Kirab obor (torch relay) Asian Games 2018 akan memasuki Bali pada Senin (23/7/2018) sekitar pukul 08.00 Wita. Obor itu akan tiba di Gilimanuk dari Banyuwangi (Jawa Timur), dan direncanakan Bupati Jembrana akan menerima obor itu.

Bupati kemudian menyerahkannya ke pembawa obor yang diikuti sekitar 100 orang dalam rombongan, untuk selanjutnya dibawa menuju ke Pantai Kuta, Badung, Bali.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bali, Ketut Ngurah Boy Jayawibawa, menjelaskan akan ada acara penyambutan dan gelaran sejumlah festival rakyat saat api obor Asian Games 2018 diarak di Bali.

Di Gilimanuk, sebut Jayawibawa, akan ada atraksi Jegog Tari Makepung dan baleganjur untuk menyambut obor, yang sumber apinya diambil dari api abadi di Stadion Nasional Dhyan Chand, New Delhi, India.

“Ini merupakan kehormatan dan kesempatan baik bagi pemerintah Provinsi Bali, masyarakat Bali, kabupaten/kota yang dilintasi obor Asian Games 2018. Karena itu, kami menyambutnya dengan sejumlah pertunjukan kesenian dan atraksi. Di jalanan yang dilewati kirab obor itu, akan ada anak-anak sekolah yang mengibarkan bendera. Itu sebagai wujud ikut mendukung Asian Games 2018 yang akan digelar Agustus nanti,” kata Jayawibawa kepada Tribun Bali di kantornya, Denpasar, Kamis (19/7/2018).

Memang, tidak semua kota di Indonesia yang akan disinggahi oleh obor Asian Games 2018 itu.

Direncanakan, kirab obor hanya akan melewati 53 kota di 17 provinsi di Indonesia, termasuk Bali, sejak start pada 18 Juli lalu di sumber api abadi Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah.

Ada setidaknya 6 titik persinggahan utama obor Asian Games 2018 selama diarak di Bali.

Selain di Gilimanuk sebagai titik masuk, obor akan singgah di Pantai Kuta dan bahkan dibawa berselancar ke laut. 

Jayawibawa menjelaskan, akan ada festival layang-layang dan juga festival makanan untuk menyambut kirab api obor Asian Games 2018 di Pantai Kuta. Rencananya menteri yang akan hadir dalam acara tersebut ialah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani.

Halaman
1234
Penulis: Putu Dewi Adi Damayanthi
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved