Resmi Digelar 8 F-16 TNI AU Tampil di Pitch Black 2018, Negara Tetangga Kirim Jenis Pesawat Ini

Latihan tempur terbesar dalam Picth Black 2018 di Darwin-Australia resmi digelar.

Resmi Digelar 8 F-16 TNI AU Tampil di Pitch Black 2018, Negara Tetangga Kirim Jenis Pesawat Ini
Tribun Bali/Rizal Fanany
Sejumlah pengunjung dan anak-anak sekolah berfoto menaiki pesawat F-16 dan pesawat hercules dalam Static show rangkaian hari bakti TNI AU ke-71 di apron selatan Bandara Ngurah Rai, Badung, Rabu (25/7/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Latihan tempur terbesar dalam Picth Black 2018 di Darwin-Australia resmi digelar.

Mengutip dari situs resmi Angkatan Udara (RAAF) Australia menyebutkan, latihan tempur gabungan terbesar se-Asia Pacifik yang ini dimulai 28 Juli hingga 17 Agustus 2018 mendatang.

Dipusatkan di home base AU Australia di Darwin dan Tidal, para pilot petempur dari 12 negara bakal berlatih skill dan strategi perang yang digelar intensif selama 3 pekan.

Kesempatan berharga ini tentu tidak disia-siakan begitu saja bagi seluruh kru dan pilot tempur negara-negara partisipan.

Selain mengasah kesiapsiagaan tempur, ajang latihan ini tentu jadi kesempatan emas bagi seluruh pilot untuk menambah jam terbang dan kepiawaian tempur para pilot terbaiknya.

1. Australia F/A 18 Growler Super Hornet

F/A-18 Growler Super Hornet
F/A-18 Growler Super Hornet (Istimewa/via airforce.gov.au)

Sebagai tuan rumah, Australia sendiri bakal menurunkan sejumlah pesawat canggihnya seperti F/A 18 Growler yang memiliki perangkat jamming terkemuka dalam perang elektronik.

2. Singapura F-15 Strike Eagle

F-15 Strike Eagle Singapura
F-15 Strike Eagle Singapura (Istimewa/wikipedia)

Di bagian lain, Singapura tak kalah bertaji, negeri tajir yang memiliki luas wilayah terpencil di Asia Tenggara tersebut kemungkinan akan menurunkan pesawat termutakhirnya seperti F-15 SG Advance Strike Eagle yang dikenal punya kemampuan serbu mumpuni.

Pesawat tempur kelas berat dengan mesin ganda ini sudah mengecap ‘battle proven’ diberbagai palagan tempur di belahan dunia, seperti perang Teluk 1990 hingga operasi militer yang digelar oleh pasukan Amerika Serikat.

Halaman
123
Penulis: Ady Sucipto
Editor: Ady Sucipto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved