Mohon Restu Semesta Lanjutkan Perjuangan, ForBALI Melaksanakan Persembahyangan "Nyegara Gunung"

Ratusan masyarakat yang tergabung dalam ForBALI (Forum Rakyat Bali Tolak Reklamasi Teluk Benoa) melaksanakan persembahyangan "Nyegara Gunung"

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Ratusan masyarakat yang tergabung dalam ForBALI (Forum Rakyat Bali Tolak Reklamasi Teluk Benoa) melaksanakan persembahyangan "Nyegara Gunung" di Pura Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Klungkung, Minggu (29/7/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Ratusan masyarakat yang tergabung dalam ForBALI (Forum Rakyat Bali Tolak Reklamasi Teluk Benoa) melaksanakan persembahyangan "Nyegara Gunung" di Pura Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Klungkung, Minggu (29/7/2018).

Koordinator acara tersebut, Wayan Suardana (Gendo) menjelaskan, masyarakat adat Bali meyakini Gunung sebagai perwujudan "Lingga", sedangkan Segara (lautan) sebagai perwujudan "Yoni".

Lingga Yoni adalah simbolis Purusa Pradana.

Secara niskala pertemuan tersebut akan melahirkan kekuatan maha besar untuk melanjutkan perjuangan membatalkan Reklamasi di Teluk Benoa.

"Sebenarnya setiap tahun dalam perjuangan kita, kita melaksanakan persembahyangan nyegara gunung. Masyarakat Bali percaya, laut juga manifestasi ibu dan gunung adalah manifestasi ayah. Dalam konteks perjuangan, kita minta restu kepada ayah dan ibu semesta untuk memberkahi perjuangan kita," ujar Koordinator acara tersebut, Wayan Suardana atau yang biasa dipanggil Gendo

Ia menjelaskan, persembahyangan tersebut juga untuk memohon berkah karena tanggal 25 Agustus 2018 merupakan penentuan perjuangan For Bali dalam membatalkan reklamasi Teluk Benoa.

"Proses AMDAL reklamasi Teluk Benoa saat ini berada di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan kajian AMDAL belum keluar. Sementara, ijin lokasi berakhir tanggal 25 Agustus 2018. Jika hingga tanggal 25 Agustus, kajian AMDAL dari Kementerian tidak juga keluar, maka proyek ini akan batal sesuai dengan yang kita perjuangankan," jelas Gendo. (*)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved