Beberkan Keberhasilan Program Bali Mandara, Ini Harapan Pastika pada Gubernur Terpilih

Ketua DPRD Prov Bali I Nyoman Adi Wiryatama menyampaikan segala apresiasinya terhadap capaian program Bali Mandara sekaligus mengucapkan selamat.

Beberkan Keberhasilan Program Bali Mandara, Ini Harapan Pastika pada Gubernur Terpilih
Istimewa
Sidang Paripurna DPRD Provinsi Bali dalam rangka HUT Pemprov Bali, di kantor DRPD Bali, di kawasan Renon, Denpasar, Selasa (14/8/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Gubernur Bali Made Mangku Pastika menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Bali dengan acara “Peringatan Hari Jadi Provinsi Bali ke-60” di ruang sidang utama, Kantor DPRD Provinsi Bali, di kawasan Renon, Denpasar, Bali, Selasa (14/8/2018).

Pada sidang yang dipimpin oleh Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Adi Wiryatama, Pastika mengucapkan terima kasih kepada semua pihak karena program Bali Mandara jilid I dan II yang digagas selama kepemimpinannya berhasil.

Menurutnya, tanpa bantuan semua pihak, segala sesuatu yang digagasnya tidak akan berjalan dengan baik.

“Sesuai dengan tema hari ulang tahun ke-60 Provinsi Bali yaitu Bali Mandara 2008-2018. Matur suksma. Saya juga ucapkan terima kasih kepada DPRD Provinsi Bali, karena atas partisipasinya kita bisa bersama-sama mewujudkan program Bali Mandara,” jelasnya dalam sidang yang juga dihadiri oleh Ny Ayu Pastika, para Bupati/Walikota se-Bali beserta para pendamping, anggota Forkompinda, serta jajaran pejabat di lingkungan pemerintah Provinsi Bali.

Ia menjelaskan, program pembangunan Bali Mandara didasari oleh filosofi Tri Hita Karana, dimana pembangunan tersebut mencakup pro growth, pro poor, pro job dan pro culture.

Mengenai capaian Bali Mandara selama ini, lanjutnya, menurut data dari Badan Pusat Statistik, Provinsi Bali telah mengalami kemajuan, yang meliputi penurunan angka kemiskinan menjadi 4,01 persen yaitu peringkat kedua terbaik nasional, Indeks Gini Ratio sekitar 3,8 persen, angka pengangguran yang berkurang menjadi 0,86 persen, pertumbuhan ekonomi yang cukup baik dan stabil, serta IPM di atas rata-rata nasional.

Selain itu ia juga menambahkan jika Pemprov Bali telah beberapa kali meraih opini WTP dari BPK RI untuk laporan keuangan daerah.

Tentu saja, menurutnya, capaian itu bukanlah kerjanya sendiri, namun hasil dari dukungan banyak pihak.

“Dalam kesempatan ini, saya sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap semua pihak yang telah ikut serta menjalankan serta mengawal program Bali Mandara. Kepada anggota dewan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Jajaran TNI/Polri, Bupati/Walikota se-Bali serta seluruh masyarakat Bali, saya haturkan terima kasih,” tuturnya.

Ia juga menyadari selama sepuluh tahun kepemimpinannya masih belum sempurna dan masih ada beberapa kekurangan di berbagai lini.

Halaman
12
Penulis: Kander Turnip
Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved