Tak Ada Kata Lelah Bagi TNI Bantu Salurkan Logistik ke Daerah Terpencil

Prajurit TNI tidak mengenal lelah dalam membantu menyalurkan logistik untuk warga korban gempa Lombok

Tak Ada Kata Lelah Bagi TNI Bantu Salurkan Logistik ke Daerah Terpencil
istimewa
TNI mengirimkan bantuan ke desa terpencil di wilayah terdampak gempa Lombok. 

TRIBUN-BALI.COM, LOMBOK - Prajurit TNI tidak mengenal lelah dalam membantu menyalurkan logistik untuk warga korban gempa yang mengguncang Nusa Tenggara Barat pada Minggu (5/8/2018) lalu.

Meski medan yang dilalui cukup sulit seperti di daerah Kecamatan Gangga, Kayangan maupun Pemenang Lombok Utara hal tersebut tidak membuat pasukan TNI menyerah.

Hal tersebut disampaikan Kapendam IX/Udayana, Letkol Kav Jonny Harianto dalam siaran persnya pada Jumat (17/8/2018) di Makodam IX/Udayana.

Jonny mengatakan, kerja keras ini dilakukan TNI agar bantuan segera dapat tersalurkan sampai ke titik Posko pengungsian terpencil yang sulit dijangkau karena memang sulit diakses dengan tekstur wilayahnya.

"Kondisinya memang sulit diakses karena merupakan hamparan perbukitan. Namun demikian tak menyurutkan semangat personel TNI untuk mendistribusikan bantuan tersebut baik dengan cara dipikul, berjalan kaki maupun ditempuh dengan sepeda motor." jelasnya.

Lanjut Jony apa yang terpatri hanya niat bagaimana bantuan itu bisa secara merata sampai kepada warga yang berhak.

"Makanya kesulitan warga segera dapat teratasi, di samping juga penyalurannya telah ditempuh dengan jalan laut maupun udara, mengingat masih ada warga yang mengungsi di daerah perbukitan." lanjut dia.

TNI ungkap dia bekerja sepanjang hari pagi, siang dan malam tidak ada kata lelah, yang ada hanya niat membantu warga dan bagaimana agar kesulitan warga segera dapat diatasi.

"Maka dari itu wargapun akan dapat merasakan bahwa dalam kondisi serba kesulitan ternyata negara melalui personel TNI, bisa hadir bersama di tengah-tengah warga di pengungsian terpencil yang membutuhkan." ungkapnya.

Baca: Reaksi Robby Purba Saat Diminta Ngopi Bareng dan Berdamai dengan Roy Kiyoshi

Baca: LazisMU Bali Kirim Bantuan Logistik dan KOKAM ke Daerah Terdampak Gempa di Lombok

Baca: 3 Manfaat Ikut Lomba 17 Agustusan ala MA 45 Gianyar, Sederhana tapi Meriah

Hal itu kata dia secara psikologis juga akan sangat membantu dalam upaya memulihkan trauma dan tingkat stres warga pasca musibah gempa.

Disamping membantu distribusi bantuan logistik tentu masih banyak kegiatan yang dilakukan oleh TNI, mulai dari Pendataan, Evakuasi, Pembersihan Puing-Puing Bangunan, Dapur Lapangan, Rumah Sakit Lapangan, dan termasuk juga melaksanakan terapi secara psikologis, demikian papar Kapendam. (*)

Penulis: Busrah Ardans
Editor: Rizki Laelani
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved