Serahkan Hewan Kurban Pada PHBI Mengwi dan Abiansemal, Giri Prasta Tebarkan Semangat Toleransi

Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta menyerahkan hewan kurban berupa seekor sapi ke panitia PHBI Mengwi dan Abiansemal

Serahkan Hewan Kurban Pada PHBI Mengwi dan Abiansemal, Giri Prasta Tebarkan Semangat Toleransi
Istimewa
Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta saat menyerahkan seekor kambing kepada Panitia kurban di Puspem Badung pada Rabu (22/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ahmad Firizqi Irwan

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta menyerahkan hewan kurban berupa seekor sapi ke panitia Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) kecamatan Mengwi dan Abiansemal, pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah.

Bertempat di Lapangan Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Badung, Kajari Badung Bambang Sunarko, SH, Kabag Humas Setda Badung I Putu Ngurah Thomas Yuniarta, Kabid Kesbang Polimas I Made Arnaya, dan juga tokoh umat muslim di Badung, hadir saat proses penyerahan hewan kurban tersebut.

Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta mengatakan, pada perayaan Idul Adha 1439 Hijriah tahun ini merupakan momen untuk berpegang teguh pada Pancasila sila kelima.

"Artinya semua insan sama dapat dan sama rasa. Menjaga empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika, merupakan warisan para pendiri bangsa termasuk para ulama dan kyai," ujarnya.

Giri Prasta menambahkan, mengisi kemerdekaan harus dijalankan dengan terus menjaga keberagaman umat beragama.

"Yang beda jangan sekali-kali dipaksakan menjadi sama tetapi yang sama jangan dibedakan, itulah konsep yang kami lakukan. Sehingga dalam mengambil segala kebijakan pun kami membuat program semua insan itu sama dapat dan sama rata," jelasnya.

Giri Prasta juga menyampaikan, ia menerapkan konsep tersebut kepada umat Muslim di Kabupaten Badung.

Di mana umat Muslim yang membangun sekolah seperti di Kuta Selatan, ia bantu dengan menyumbangkan dana sebesar Rp 3 Miliar.

Serta di Kuta Utara, ia membantu mendanai renovasi Masjid Al Hasanah Canggu Permai dengan dana yang sama, dan nantinya masjid yang ada di Abiansemal akan dibantu sepenuhnya oleh Bupati Badung ini.

Hal ini menjadi wujud yang baik kepada umat Muslim untuk ikut mewarnai pembangunan di Kabupaten Badung.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana PHBI Mengwi dan Abiansemal, Dru Hendro mengatakan, Idul Adha tahun ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya, bertempat di Lapangan Pusat Pemerintahan (Puspem) oleh umat Muslim Mengwi dan Abiansemal.

"Idul Adha tahun ini membawa tema Jiwa Pengorbanan Nabi Ibrahim dan Suri Tauladan Sahabat Nabi Muhammad SAW, maknanya sebuah pengorbanan seorang Nabi sebagai contoh pendidikan pada umat manusia," ujarnya.

Dru Hendro juga mengatakan, hewan yang dikurbankan dalam Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah di Kecamatan Mengwi dan Abiansemal sebanyak 90 ekor kambing dan 40 ekor sapi.

Selaku Imam salat Ied yaitu Sutrisno dan Haji Yunus Anies sebagai Khotib.

Bupati Badung dalam hal ini juga menyumbangkan seekor sapi dan satu ekor kambing dari Forum Komunikasi Karyawan Karyawati Muslim (FKKKM), sebagai bentuk serta wujud toleransi antar umat beragama kepada umat Muslim.(*)

Penulis: Firizqi Irwan
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved