Idul Adha

Usai Serahkan Hewan Kurban, Ini yang Diharapkan Rai Mantra di Momen Idul Adha

Wali Kota Denpasar, Rai Dharmawijaya Mantra menyerahkan satu ekor hewan kurban secara simbolis pada pengurus Masjid Al Hikmah Joglo,

Usai Serahkan Hewan Kurban, Ini yang Diharapkan Rai Mantra di Momen Idul Adha
istimewa
Wali Kota Denpasar, Rai Dharmawijaya Mantra menyerahkan satu ekor hewan kurban secara simbolis pada pengurus Masjid Al Hikmah Joglo, Banjar Batu Bolong, Desa Padangsambian Klod, Rabu (22/8/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Wali Kota Denpasar, Rai Dharmawijaya Mantra menyerahkan satu ekor hewan kurban secara simbolis pada pengurus Masjid Al Hikmah Joglo, Banjar Batu Bolong, Desa Padangsambian Klod, Rabu (22/8/2018).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala BPBD Kota Denpasar, IB Joni Ariwibawa, Perbekel Desa Padangsambian Klod, Gede Wijaya Saputra, serta seluruh elemen masyarat mulai dari panglingsir, pecalang, STT, hingga jemaat masjid.

Ketua Yayasan Masijdi Al Hikmah Joglo, H Maskuron megatakan bahwa pada perayaan kurban tahun ini, di Masjid Al Hikmah Joglo telah dilaksanakan sholat Id di pagi hari yang dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban.

Adapun total hewan yang akan disembelih yakni 9 ekor sapi dan 34 ekor kambing yang dibagikan kepada seluruh masyarakat di Desa Padangsambian Klod.

"Pada pelaksanaan kurban ini bagaimana kita mengucap syukur kepada tuhan, sehigga semua elemen sekitar wajib menikmati kurban ini sebagai wujud syukur."

"Sehingga yang dibagikan nanti tidak hanya umat muslim saja, melainkan seluruh masyarakat di Desa Padangsambian Klod yang berkenan," katanya.

Bahkan, lanjut Maskuron, pihaknya bersama seluruh elemen baik di tingkat banjar maupun desa telah bersinergi dalam berbagai kegiatan.

Hal ini merupakan salah satu implementasi dari kerukunan hidup umat beragama.

Sehingga tradisi saling memberi saat hari besar keagamaan sangat sering dilaksanakan oleh seluruh umat di Desa Padangsambian Klod, khususnya di Banjar Batu Bolong.

Dalam setiap hari besar keagamaan, kami telah terbiasa saling berbagi dan menghormati, bahkan setiap acara keagamaan kami selalu melibatkan sudara non muslim untuk ikut hadir dan meramaikan perayaan..

"Sehingga dari perayaan hari kurban atau Idul Adha ini kami berharap mampu terus mempererat rasa menyama beraya antar umat yang sudah sangat lama terjalin di Kota Denpasar," paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra turut mengapresiasi kerukunan umat beragama yang tampak pada perayaan Idul Adha tahun ini.

Sehingga perayaan hari-hari besar keagaamaan dapat dijadikan momentum bagi semua elemen untuk mengimplementasikan Tri Kerukunan Umat Beragama.

Dimana salah satu pionya mengamanatkan kerukunan intern dan antar umat beragama serta kerukunan umat beragama dengan pemerintah.

Baca: Godaan Nikmati Es Krim Sambil Selfie Dipenuhi Es Krim, Gimana Rasanya?

Baca: Kekhasan Barong dan Layangan Janggan Banjar Simpangan yang Harganya Bisa Puluhan Juta

Baca: Bermimpi Kebunya Ramai Seperti Pasar, Prawoto Tak Menyaka Temukan Susunan Benda Purbakala

"Mewakili Pemerintah dan seluruh masyarakat Kota Denpasar saya mengucapkan selamat Hari Suci Idul Adha 1439 H bagi seluruh umat muslim di Kota Denpasar, semoga perayaan ini menjadi momentum dalam mempererat tali persaudaraan, solidaritas, toleransi dan momentum jaga kerukunan umat beragama," katanya. (*)

Penulis: Putu Supartika
Editor: Rizki Laelani
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved