Asian Games 2018

Iran Sebut 'Banjir' Emas Indonesia Hadiah untuk Tuan Rumah, Ini Jawaban Menohok Erick Thohir

Iran memprotes tindakan Dewan Olympiade Asia (OCA) yang mengakui pencak silat di Asian Games sebagai hadiah terhadap Indonesia.

Iran Sebut 'Banjir' Emas Indonesia Hadiah untuk Tuan Rumah, Ini Jawaban Menohok Erick Thohir
Tribun Bali/Ady Sucipto
Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir, menolak keras tudingan wasit di pertandingan cabang olahraga pencak silat disebut curang. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Iran memprotes tindakan Dewan Olympiade Asia (OCA) yang mengakui pencak silat di Asian Games sebagai hadiah terhadap Indonesia.

Seperti dilansir dari media Iran, en.mehrnews.com, Presiden Komite Olympiade Nasional Iran (NOC), Reza Salehi Amiri menyatakan bahwa pencak silat merupakan cabang olahraga yang tidak dikenal dan hanya dipraktikkan oleh sekelompok kecil negara di Asia.

Salehi mengatakan, Presiden OCA Sheikh Ahmed al-Fahad al-Ahmed al-Sabah juga telah memberikan tanggapan atas protes mereka dengan pernyataan yang kurang meyakinkan.

Menurutnya, Sheikh Ahmed mengatakan bahwa 'hak istimewa semacam ini juga akan diberikan kepada Iran jika pertandingan diadakan di negara itu'.

Perolehan ini menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam peringkat Indonesia dari 17 saat Asian Games 2014 Incheon menjadi peringkat 4 pada Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang.

Hingga Kamis (30/8/2018) pukul 12.00, Indonesia meraih 30 medali emas di mana 14 emas dari pencak silat.

Sedangkan Iran masih mengantongi 17 medali emas.

Pencak silat menjadi penyumbang medali emas terbanyak bagi kontingen Indonesia disusul panjat tebing dengan 3 medali emas.

Menurut Salehi, OCA bertanggung jawab untuk ini, tambahnya.

“Di setiap disiplin olahraga, ratusan atlet bersaing untuk mencapai Asian Games, dan puluhan mencoba untuk memenangkan medali, dan fakta bahwa negara tuan rumah dapat dengan mudah memenangkan banyak medali sangat disesalkan,” ujarnya.

Halaman
1234
Penulis: Rizki Laelani
Editor: Rizki Laelani
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved