Berita Pemkot Denpasar

Distan Denpasar Gelar Sterilisasi Anjing Gratis, Populasi Anjing di Denpasar Capai 96.791 Ekor

Dinas Pertanian dan Fakultas Kedokteran Hewan Udayana, Yayasan BAWA, dan Komunitas Dharma Sanur kembali melakukan vaksinasi, sterilisasi, dan kastrasi

Penulis: Putu Supartika | Editor: Irma Budiarti
Istimewa
Vaksinasi, sterilisasi dan kastrasi gratis terhadap anjing dan kucing, di Pasar Sindu Sanur pada Jumat (31/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Dinas Pertanian Kota Denpasar bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Hewan Udayana, Yayasan BAWA (Bali Animal Welfare Association), dan Komunitas Dharma Sanur kembali melakukan vaksinasi, sterilisasi, dan kastrasi gratis terhadap anjing dan kucing, di Pasar Sindu Sanur pada Jumat (31/8/2018).

Kegiatan yang digelar sejak pagi disambut antusias warga yang berbondong-bondong membawa anjing dan kucingnya datang langsung ke Pasar Sindu.

Kadis Pertanian Kota Denpasar, I Gede Ambara Putra mengatakan, kegiatan vaksinasi rabies gratis ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahunnya.

Namun, kali ini kegiatan vaksinasi rabies ditambah dengan sterilisasi dan kastrasi yang dikhususkan pada Hewan Penular Rabies (HPR) lokal yakni anjing.

Ia menambahkan, di Denpasar saat ini populasi anjing lokal lebih banyak dibandingkan anjing RAS, di mana terdata tahun 2017 estimasi populasi anjing mencapai angka 96.791 ekor.

Dari data populasi anjing tersebut, sebanyak 54.894 ekor telah di vaksinasi di dalam rumah maupun di luar rumah.

Untuk itu, Dinas Pertanian Kota Denpasar mengkhususkan sterilisasi dan kastrasi pada anjing, sebab dari angka tersebut banyak yang merupakan anjing liar.

“Dengan banyaknya populasi tersebut makanya kami mengadakan sterilisasi dan kastrasi gratis untuk mengendalikan populasi hewan tersebut, karena banyak masyarakat yang masih membuang anjing maupun kucing di jalanan, terutama lokal. Diharapkan masyarakat sadar diri dan tidak lagi membuang anjing maupun kucing lokal ke jalanan lagi, jika ada yang membuang maupun menemukan anak anjing dan kucing liar di wilayah Denpasar, tolong bisa langsung dilaporkan ke kami di Dinas Pertanian Kota Denpasar, kami akan menindak lanjutinya,” katanya.(*)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved