Seri Nasional Liga Sepakbola Pelajar U-16 dan U-14 Piala Menpora 2018 Resmi Dibuka

Liga Sepakbola Pelajar U-16 dan U-14 Piala Menpora 2018 secara resmi dibuka oleh Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora

Seri Nasional Liga Sepakbola Pelajar U-16 dan U-14 Piala Menpora 2018 Resmi Dibuka
Tribun Bali/Putu Dewi Adi Damayanthi
Acara pembukaan Seri Nasional Liga Sepakbola Pelajar U-16 dan U-14 Piala Menpora 2018 di Stadion Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Senin (3/9/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Liga Sepakbola Pelajar U-16 dan U-14 Piala Menpora 2018  secara resmi dibuka oleh Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta.

Pembukaan Seri Nasional Liga Sepakbola Pelajar U-16 dan U-14 Piala Menpora 2018 berlangsung di Stadion Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Senin (3/9/2018).

Isnanta mengatakan, kompetisi ini merupakan Seri Nasional Liga Sepakbola Pelajar U-16 dan U-14 Piala Menpora 2018 yang sudah memasuki tahun keempat, kompetisi tersebut telah rutin dilakukan setiap tahunnya dengan pola berjenjang.

“Ini adalah tahun keempat, tujuan besarnya adalah bagaimana anak-anak kita itu ada kompetisi yang terukur, teratur, dan rutin. Ini rutin setiap tahun, terukur karena memang kami lakukan secara berjenjang mulai dari kompetisi kabupaten, setelah itu pemenang di kabupaten masuk ke Provinsi, juara provinsi akhirnya masuk ke seri nasional semacam ini,” paparnya.

Ia berharap kompetisi yang dibuat berjenjang dari tingkat kabupaten/kota ke provinsi, lalu ke tingkat nasional ini dapat menemukan bibit-bibit unggul di Indonesia.

“Dengan pola berjenjang itu tentunya kami akan mendapatkan benar-benar bibit unggul yang berasal dari ujung-ujung Indonesia. Ini lahir dari lebih dari 386 kabupaten/kota yang telah mengikuti kompetisi ini, ini adalah pilihan dari semua provinsi. Kemudian dari pilihan ini pun akan kami peras nanti sekitar 50 orang oleh tim pemandu bakat, agar akhirnya menjadi tim nasional pelajar. Tim nasional senior pun selalu kami hadirkan untuk melihat dari 50 potensi itu. Hal itu seperti tahun lalu, dari 50 akhirnya lahir timnas yang luar biasa menjuarai AFF U-16, itu contoh,” ucapnya.

Ia mengatakan, tim pemandu bakat/scout/tim pemantau bakat tidak hanya berasal dari Indonesia, ada juga undangan dari Korea maupun Jerman untuk memantau para pemain, di Seri Nasional Liga Sepakbola Pelajar U-16 dan U-14 Piala Menpora 2018.

“Ya kami datangkan, sebetulnya tidak hanya Korea ada juga yang Jerman, itu untuk memantau anak-anak muda kita, memang tidak ngomong, tapi semua file, video, terseleksi, mungkin dibabak-babak akhir nanti mengerucut kepada yang terbaik itu dan kami akan kerja sama dengan salah satu klub Eropa, bahwa anak-anak muda kita yang potensial akan masuk ke Akademi di Eropa itu, supaya talenta kita go internasional, kita tentu ingin melahirkan pemain-pemain baru seperti Egy (Maulana) baru, yang bisa go internasional pada usia muda,” katanya.

Ia pun berterima kasih kepada pemerintah provinsi, kabupaten/kota, Asosiasi Provinsi maupun Kabupaten/Kota dari federasi PSSI, dan semua orang yang membantu penyelenggaraan Piala Menpora 2018

Liga Sepakbola Pelajar U-16 dan U-14 Piala Menpora 2018 akan berlangsung dari tanggal 3-6 September 2018.  

Kurang lebih total atlet sepakbola yang mengikuti Liga Sepakbola Pelajar U-16 dan U-14 Piala Menpora 2018 ialah 1400 atlet yang berasal dari 34 Provinsi di Indonesia.(*)

Penulis: Putu Dewi Adi Damayanthi
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved