Jadwal Pelantikan Jadi Otoritas Presiden, Hamdani: Pj Gubernur Jangan Menjabat Terlalu Lama

Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali terpilih periode 2018-2023 dimajukan menjadi tanggal 5 September 2018

Jadwal Pelantikan Jadi Otoritas Presiden, Hamdani: Pj Gubernur Jangan Menjabat Terlalu Lama
Infografis: Tribun Bali/Prima

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali terpilih periode 2018-2023, dimajukan dari tanggal 17 September 2018 mendatang menjadi 5 September 2018.

Hal tersebut sesuai arahan dari Presiden RI Joko Widodo.

"Rencananya pelantikan dipercepat sesuai arahan Bapak Presiden. Nanti Sertijab-nya akan dilakukan tanggal 8 September karena kita kaitkan dengan sidang Paripurna DPRD, saat itulah saya menyerahkan tanggung jawab ini kepada Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih," ungkap Penjabat Gubernur Bali Hamdani, Senin (3/9/2018), seusai menyambut para atlet di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Ia menambahkan, selama dirinya menjabat sebagai Plt. Gubernur Bali tetap berkoordinasi dengan Gubernur Bali terpilih mengenai kebijakan atau dalam hal lainnya.

Karena menurutnya tetaplah dirinya hanya mengisi kekosongan jabatan hingga Gubernur terpilih dilantik.

Terdapat 9 Provinsi yang pelantikan Kepala Daerah dimajukan yakni Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Bali, Papua, Sulawesi Tenggara, dan Nusa Tenggara Timur.

Mengenai alasan dimajukannya pelantikan tersebut, Hamdani menyampaikan mungkin jadwal Bapak Presiden yang bisa di tanggal 5 September dan segala sesuatunya, administrasi sudah selesai kenapa tidak.

"Itu kan hak otoritas dari Bapak Presiden, kita hanya menjalankannya. Dan jika semua administrasi selesai, tidak ada permasalahan di MK, ya kenapa tidak. Penjabat Gubernur juga jangan terlalu lama menjabat," imbuhnya.(*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved