Asian Games 2018

Pesilat Bali Peraih Emas Asian Games Pensiun di Ajang Internasional, Ayu Sidan Beberkan Alasannya

Satu buah medali emas pada ajang Asian Games 2018 lalu, tampaknya menjadi sumbangan terakhir Sang Ayu Sidan Wilandari bagi Indonesia.

Pesilat Bali Peraih Emas Asian Games Pensiun di Ajang Internasional, Ayu Sidan Beberkan Alasannya
Tribun Bali/M. Fredey Mercury/ist
Kolase atlet pencak silat Sang Ayu Ketut Sidan 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI – Satu buah medali emas pada ajang Asian Games 2018 lalu, tampaknya menjadi sumbangan terakhir Sang Ayu Sidan Wilandari bagi Indonesia.

Pasalnya, pesilat asal Dusun Temen, Desa Penglumbaran, Susut, Bangli, ini berencana untuk pensiun, khususnya pada ajang olahraga internasional.

Ditemui Selasa (4/9) di rumahnya, Sang Ayu Sidan terlihat asyik bermain dengan buah hatinya yang masih balita. Sang Ayu tiba di rumah pada Senin (3/9) malam.

Delapan bulan lamanya, ibu dari Putu Satya Darma Laksana (5 tahun) dan Made Putrayasa (1 tahun) ini terpaksa meninggalkan keluarga, karena harus mengikuti pemusatan latihan nasional (pelatnas) hingga pertandingan-pertandingan di Jakarta, yang berpuncak pada Asian Games 2018.

Sembari melepas kerinduan dengan Made Putrayasa, Sang Ayu Sidan menceritakan bahwa tidak sedikitpun terbersit dibenaknya untuk mengikuti ajang Asian Games.

Sebab, terakhir mengikuti kejuaraan dunia tahun 2012, dan menikah tahun 2013 lalu, ia tidak pernah dipanggil lagi oleh Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (PB IPSI) untuk mengikuti kejuaraan internasional.

“Entah kenapa sejak ikut Porprov (Pekan Olahraga Provinsi) Bali tahun 2017, saya dipanggil seleksi nasional oleh PB IPSI Pusat,” ujar Sang Ayu.

Mendapat panggilan PB IPSI, awalnya Sang Ayu Sidan justru ragu-ragu untuk memenuhi panggilan itu.

Hal tersebut disebabkan bahwa dirinya sudah pernah melahirkan, serta dalam masa pemulihan pasca melahirkan anak kedua, yang menurut dia, kondisi fisiknya tidak sebaik seperti saat sebelum melahirkan.

Di samping itu, ia juga merasa tidak tega meninggalkan buah hatinya yang masih sangat kecil selama berbulan-bulan.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved