Breaking News:

Selain Memilih Pemimpin Berkualitas, Koster Harap Pemilu Serentak Lebih Efisien Pendanaan

Gubernur Bali I Wayan Koster mengatakan bahwa pelaksanaan Pilgub Bali 2018 aman, nyaman, dan damai

Tribun Bali/Putu Supartika
Gubernur Bali I Wayan Koster. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Gubernur Bali I Wayan Koster mengatakan bahwa pelaksanaan Pilgub Bali 2018 aman, nyaman, dan damai berbeda dengan lima tahun lalu yang tegang.

Namun, ia berharap untuk pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2019 perlu ditata.

"Misi besarnya selain memilih pemimpin berkualitas juga agar Pilkada lebih efisien pendanaan. Harus dilaksanakan dengan manajemen yang berbeda. Kemarin Pilkada serentak belum totalitas dan serentak. Seyogyanya bisa dilaksanakan serentak. Baliho paslon misalnya dijadikan satu sehingga tidak banyak baliho dan irit biaya," kata Koster saat memberikan sambutan dalam Pilgub Bali Award 2018 di Ksirarnawa Art Center, Selasa (18/9/2018).

Ia menambahkan, saat sosialisasi juga harus ada sinergi antara KPU Provinsi dengan KPU Kota dan bisa dijadwalkan dalam satu waktu.

Sehingga satu kegiatan menampilkan dua event dan biaya yang dikeluarkan juga satu.

"Harusnya lebih efisien secara serentak. Malah Pilkada serentak lebih besar biayanya daripada pemilihan sendiri-sendiri kan tujuannya tidak tercapai," katanya.

Ia juga menyinggung bahwa di luar negeri semakin tinggi pendidikan masyarakatnya, tingkat partisipasi memilihnya makin turun dan ia berharap tidak terjadi di Indonesia.

"KPU mungkin bisa adakan riset. Jangan-jangan yang pendidikannya tinggi malas dan yang rajin malah petani. Perlu ditelusuri supaya sasaran penyadarannya terarah dan terfokus," harap koster. (*)

Penulis: Putu Supartika
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved