Bank BRI Jalin Kerja Sama dengan Lion Air Group dalam Hal Pengelolaan Keuangan

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali menjalin kerja sama dengan Lion Air Group

Bank BRI Jalin Kerja Sama dengan Lion Air Group dalam Hal Pengelolaan Keuangan
Istimewa
Direktur Utama Bank BRI Suprajarto, Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI Sis Apik Wijayanto, Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait dan Founder Lion Air Group Rusdi Kirana. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali menjalin kerja sama dengan Lion Air Group.

Kali ini Bank BRI resmi mengelola keuangan Lion Air Group melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS), yang dilakukan antara Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI Sis Apik Wijayanto dengan Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait, didampingi Direktur Utama Bank BRI Suprajarto dan Founder Lion Air Group Rusdi Kirana, tentang layanan Cash Management System (CMS BRI), di Kantor Pusat BRI Jakarta, Jumat (21/9/2018).

Melalui kerja sama ini, Bank BRI ditunjuk oleh Lion Air Group untuk melakukan pengelolaan kas perseroan secara real time online, dan terintegrasi yakni penyediaan CMS BRI yang meliputi Automatic Payment & Automatic Posting (host to host system).

Cash Management System yang disediakan BRI kepada Lion Air Group terdiri atas fasilitas pembayaran (payments), fitur account management (balance reporting), fitur liquidity management systems (LMS), manajemen rekening (account management), manajemen pembayaran (payables management), manajemen penerimaan (receivables management).

“Kerja sama ini merupakan salah satu upaya perseroan dalam memberikan layanan yang optimal bagi korporasi. Selain itu pemanfaatan CMS BRI juga bentuk upaya yang diberikan perseroan, dalam memberikan pengelolaan keuangan perusahaan secara efisien dan cashless, atau non-tunai dengan mengedepankan prinsip good corporate governance,” ungkap Suprajarto.

Sementara itu, Edward Sirait mengatakan ini bentuk komitmen dalam meningkatkan kualitas dan performa kerja perusahaan salah satunya dengan memperkuat kerja sama, meliputi pengelolaan cash management Lion Air Group di seluruh jaringan domestik dan internasional.

“Dengan memanfaatkan dari keunggulan platform dan sistem pengelolaan kas yang dimiliki Bank BRI, kami dapat memproyeksikan proses transaksi bisnis semakin mudah. Dengan demikian, layanan sistem cash management yang komprehensif dapat memperkuat transparansi, efisiensi dan efektivitas dalam setiap proses transaksi,” jelas Edward.

Bank BRI telah bermitra dengan Lion Air Group sejak 2016, kerja sama ini di antaranya pengelolaan payroll seluruh karyawan, management, pilot dan awak kabin Lion Air Group, penggunaan  cash card yang tersebar di seluruh district, pembentukan UMKM Centre “Jendela Indonesia”, menjadi sponsor utama dalam event BRI-Lion Air Group Expodition 2018, penyediaan aplikasi BRI-Lion Air Group host to host untuk memaksimalkan operasional pembayaran tiket melalui channel BRI (e-pay, ATM, Travel Agent Online), pembayaran deposit top up travel agent melalui BRI dan pemberian fasilitas stand by LC.

“Penunjukan Bank BRI sebagai mitra perbankan kami didasarkan pada kesungguhan serta dukungan yang telah terjalin dengan baik selama ini, untuk mengakses dan memonitor transaksi Lion Air Group dalam satu wadah (platform). Penandatanganan kerja sama pengelolaan kas dengan Bank BRI merupakan bagian dari program Lion Air Group, untuk terus menjalankan operasional terutama pengelolaan kas manajemen berbasis digital, seiring tantangan dan peluang industri penerbangan di era sekarang,” imbuh Edward.

Lebih lanjut Suprajarto menambahkan bahwa kolaborasi yang tercipta dari kerja sama tersebut adalah bentuk sinergi bisnis strategis antara perusahaan perbankan dan penerbangan, dengan mengoptimalkan sistem pelayanan yang tersedia dari BRI untuk fasilitasi sesuai kebutuhan Lion Air Group, sehingga memudahkan perseroan dalam setiap proses rekonsiliasi serta mampu meminimalisir risiko tingkat kesalahan atau human error.

“Keunggulan yang kami tawarkan yakni pengelolaan kas manajemen perusahaan menjadi lebih tepat waktu dan konsisten (real time), metode pengawasan semakin baik dan terkontrol, mengutamakan jaringan online yang terintegrasi,” ucap Suprajarto.(*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved