Patung Garuda Wisnu Kencana Malam Ini Diresmikan, Nyoman Nuarta: Saya Sering Disebut Orang Gila

Patung Garuda Wisnu Kencana ( GWK) di kawasan kebudayaan Desa Ungasan, Kuta Selatan, Bali akan diresmikan malam ini, Sabtu (22/9/2018).

Patung Garuda Wisnu Kencana Malam Ini Diresmikan, Nyoman Nuarta: Saya Sering Disebut Orang Gila
Tribun Bali/Widyartha Suryawan
Seniman Nyoman Nuarta berpose usai mahakarya Garuda Wisnu Kencana terpasang mahkota berlapis emas, Minggu (20/5/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, -- Patung Garuda Wisnu Kencana ( GWK) di kawasan kebudayaan Desa Ungasan, Kuta Selatan, Bali akan diresmikan malam ini, Sabtu (22/9/2018).

Patung setinggi 121 meter tersebut dibangun di atas lahan seluas 60 hektar. Tidak dalam waktu singkat, pembuatan patung ini menjalani proses panjang, yaitu selama 28 tahun.

Seniman sekaligus desainer patung megah ini, Nyoman Nuarta, mengungkapkan rasa bahagianya melihat patung GWK dapat diselesaikan.

"Ya tentu berbahagia, janji saya kepada bangsa bisa saya rampungkan," kata Nyoman saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (22/9/2018).

"Kemarin, kan, anak-anak yang bertahun kerja sama kami, waktu itu kami masih muda-muda. Dulu (mereka) datang masih kecil-kecil, sekarang rambutnya sudah pada putih, saya lihat mereka malah jadi pengin menangis, 28 tahun waktu yang cukup panjang," ujar dia.

Baca :Pembukaan Underpass Ngurah Rai Dan Beberapa Rencana Besar di Bali Menurut Luhut Binsar
 

Nyoman menyampaikan, awalnya tidak sedikit yang meragukan niatnya menyelesaikan patung ini.

"Memang jarang sih orang bertahan 28 tahun. Saya sering disebut orang gila, tapi bagi saya janji itu utang yang harus saya tebus," ucapnya.

Ia mengatakan, proses pembuatan patung tembaga dengan teknik cor las terbesar di dunia ini membutuhkan suatu perjuangan yang gigih.

"Mental harus tahan dengan segala macam kecaman, kritik, saran. Kami harus tahan," kata dia.

Halaman
123
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved