BTB Tindak Tegas Praktek Zero Dolar Tour, BI Telusuri Pada Kunjungan Turis Tiongkok

Kunjungan turis Tiongkok ke seluruh dunia, dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan peningkatan signifikan

BTB Tindak Tegas Praktek Zero Dolar Tour, BI Telusuri Pada Kunjungan Turis Tiongkok
Istimewa
Ketua Bali Tourism Board (BTB), Ida Bagus Agung Partha Adnyana. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kunjungan turis Tiongkok ke seluruh dunia, dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan peningkatan signifikan.

Pada tahun 2017, total kunjungan turis Tiongkok ke berbagai negara di dunia mencapai 127 juta wisatawan, meningkat signifikan dibanding tahun 2007 yang hanya 40 juta wisatawan.

Sementara itu, jumlah turis Tiongkok yang ke Indonesia, mencapai 1,9 juta, meningkat signifikan dibanding 2009 yang hanya 395 ribu wisatawan.

Dari total 1,9 juta wisatawan Tiongkok yang ke Indonesia pada tahun 2017, sebanyak 1,3 juta wisatawan berkunjung ke Bali.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Causa Iman Karana, melihat dari rata-rata pertumbuhan kunjungan wisatawan Tiongkok, terlihat peningkatan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir dalam periode 2010-2017.

Rata-rata pertumbuhan kunjungan turis Tiongkok ke berbagai negara di seluruh dunia mencapai 13,30 persen.

Sementara itu, rata-rata pertumbuhan kedatangan turis ke Indonesia dan ke Bali, lebih tinggi dibanding rata-rata global yaitu masing-masing sebesar 22,39 persen (yoy) dan 28,50 persen (yoy) untuk periode yang sama. 

“Dengan jumlah wisatawan Tiongkok, yang mengungguli jumlah wisatawan negara lain, total pengeluaran wisatawan Tiongkok juga melebihi total pengeluaran dari wisatawan negara lain. Total pengeluaran turis Tiongkok mencapai 2,611 juta dolar pada tahun 2016, lebih tinggi dibanding total pengeluaran dari wisatawan US yang mencapai 1,236 juta dolar,” sebutnya, Rabu (26/9/2018).

Tren peningkatan kunjungan wisman Tiongkok di dunia global, juga terjadi di Bali.

Pada tahun 2017, di Bali, wisman asal Tiongkok menjadi pasar utama dengan pangsa 24 persen dari total wisman.

Halaman
1234
Penulis: AA Seri Kusniarti
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved