Panca Mustikaning Budaya Sewu, SMPN 1 Abiansemal Tampilkan Tari-tarian Nusantara

Jumat (28/9/2018) bertempat di Kalangan Ayodya Taman Budaya, Denpasar digelar pementasan seni dalam rangka Bali Mandara Nawanatya III

Panca Mustikaning Budaya Sewu, SMPN 1 Abiansemal Tampilkan Tari-tarian Nusantara
Istimewa
Penampilan SMPN 1 Abiansemal dan SMP PGRI 5 Denpasar dalam Bali Mandara Nawanatya III tahun 2018, Sabtu (29/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Jumat (28/9/2018) bertempat di Kalangan Ayodya Taman Budaya, Denpasar digelar pementasan seni dalam rangka Bali Mandara Nawanatya III tahun 2018.

Pada pementasan kali ini tampil dua sekolah yaitu SMPN 1 Abiansemal dan SMP PGRI 5 Denpasar.

SMPN 1 Abiansemal menggarap tari kolosal bertajuk Panca Mustikaning Budaya Sewu yang berarti Lima Permata dari Seribu Pulau.

Lima permata yang dimaksud adalah tari-tarian nusantara yang telah menjadi identitas Indonesia, yang di antaranya yakni dari daerah Bali dengan Tari Janger dan Joged Bumbung, Aceh dengan Tari Saman, Jawa dengan Tari Jaipong, serta Papua.

“Ini sarana agar anak-anak tak hanya akrab dengan budaya Bali, tetapi dengan budaya seluruh Indonesia mereka juga bisa akrab,” ungkap A.A Mas Oka sebagai pembina garapan siswa-siswi SMPN 1 Abiansemal.

Pertama kali tampil pada Gelar Seni Akhir Pekan Bali Mandara Nawanatya III, membuat A.A Mas Oka sebagai pembina SMPN 1 Abiansemal memanfaatkan kesempatan ini dengan maksimal.

“Mempersatukan seni yang ada di Indonesia sebagai perwujudan dari Bhineka Tunggal Ika juga menjadi tujuan kami, selain pemahaman anak-anak akan kesenian negeri,” jelas Gung Mas.

Mengenalkan jenis tarian yang berbeda nyatanya ada suka duka tersendiri di dalamnya.

Melibatkan siswa dari kelas 8 (delapan) dan 9 (sembilan), Gung Mas pun berharap ketika anak didiknya telah melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, agar senantiasa berkesenian baik mengenai kesenian Bali maupun kesenian di daerah lainnya.

Halaman
12
Penulis: Putu Supartika
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved