Dengan Rujukan Online, Pelayanan Jadi Lebih Cepat, Nyaman, dan Hemat Waktu

Peserta JKN-KIS kini telah merasakan kemudahan dari sistem rujukan online ini, salah satunya dirasakan oleh Ibu Komang Susantiri

Dengan Rujukan Online, Pelayanan Jadi Lebih Cepat, Nyaman, dan Hemat Waktu
istimewa
Peserta JKN-KIS, Komang Susantiri (61) 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Di era yang serba harus cepat ini, keinginan masyarakat untuk memperoleh akses mudah dan cepat pun harus terakomodir dengan baik. Hal ini mendorong BPJS Kesehatan mengembangkan sistem yang berbasis teknologi yakni dengan meluncurkan inovasi terbaru sistem rujukan online.

Dengan diluncurkannya sistem rujukan online bagi pelayanan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat JKN-KIS oleh BPJS Kesehatan diharapkan dapat mempermudah peserta dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan pasien.

Peserta JKN-KIS kini telah merasakan kemudahan dari sistem rujukan online ini, salah satunya dirasakan oleh Ibu Komang Susantiri (61) yang saat itu sedang berobat ke poli Jantung RSU Kertha Usada Singaraja melalui rujukannya yang didapat dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat ia terdaftar pada Kamis (2/10/2018).

“Sebenarnya saya tidak terlalu memahami tentang rujukan online ini, namun saya merasakan kemudahan dengan sistem ini. Yang sebelumnya saya harus membawa berkas rujukan ke rumah sakit, sekarang cukup membawa Kartu Indonesia Sehat (KIS) saja karena data saya sudah terekam secara otomatis di rumah sakit,” jelas Ibu asal Singaraja ini

“Saya sangat dimudahkan dengan diterapkannya sistem rujukan online ini, karena sampai di rumah sakit saya tidak perlu mengantri lama untuk mendapatkan pelayanan poli rumah sakit, jarak tempuh dari rumah untuk menuju rumah sakit juga tidak terlalu jauh, pelayanan nyaman dan tentunya hemat waktu,” tuturnya

Susantiri juga menambahkan bahwa pelayanan yang didapat di rumah sakit menjadi lebih cepat dan nyaman dengan adanya rujukan online.

“Dengan diterapkannya sistem rujukan online ini, saya merasa lebih dimudahkandan nyaman serta pelayanan yang saya dapat menjadi lebih cepat, terlebih lagi saya tidak perlu khawatir ditolak rumah sakit dan tidak perlu takut apabila tertinggal atau kehilangan surat rujukan, karena seluruh data informasi saya sudah terekam secara otomatis di rumah sakit,” tambahnya.

Dengan diterapkannya sistem rujukan online, diharapkan dapat memberikan kepastian dan kemudahan serta kenyamanan bagi peserta dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Tak hanya mempermudah peserta, sistem rujukan online ini juga dapat memudahkan fasilitas kesehatan diantaranya dapat memberikan rujukan secara real time dengan data pada fasilitas kesehatan yang merujuk dan akan langsung terkoneksi ke fasilitas kesehatan yang dituju atau penerima rujukan.

Selain itu sistem rujukan online ini juga dapat membantu fasilitas kesehatan untuk melakukan rujukan sesuai dengan kompetensi dan sarana prasarana yang dibutuhkan sehingga dapat mengurangi kemungkinan adanya rujukan berulang bagi peserta akibat tidak adanya sarana dan SDM yang dibutuhkan. (*)

Penulis: Rizki Laelani
Editor: Rizki Laelani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved