Ratu Elizabeth II Sampaikan Belasungkawa untuk Korban Gempa di Sulteng

Gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah masih menjadi duka global, dengan ungkapan duka cita mengalir dari para pemimpin dunia

Ratu Elizabeth II Sampaikan Belasungkawa untuk Korban Gempa di Sulteng
Istimewa
Ratu Elizabeth II. 

TRIBUN-BALI.COM, LONDON - Gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah masih menjadi duka global, dengan ungkapan duka cita mengalir dari para pemimpin dunia, termasuk Ratu Elizabeth II dari Inggris.

Ibu dari Pangeran Charles ini menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia.

Melalui Duta Besar Indonesia untuk Inggris, Moazzam Malik, Ratu Elizabeth berpesan bahwa seluruh warga Inggris turut merasakan duka mendalam.

"Indonesia tidak sendiri dalam menghadapi bencana alam ini. Indonesia memiliki banyak negara sahabat," kata Moazzam, dalam sebuah pernyataan pada Rabu (4/10/2018) malam.

Sekitar empat jam setelah pemerintah Indonesia menginformasikan kebutuhan prioritas bantuan internasional untuk gempa dan tsunami, Kedubes Indonesia di Inggris memberikan sejumlah pilihan.

Kemudian, pemerintah Inggris mengumumkan rencana bantuan senilai Rp 40 miliar, yang selanjutnya bertambah menjadi Rp 60 miliar.

"Kemarin kami kembali mengumumkan, Inggris akan memberikan tambahan Rp 20 miliar, sehingga total bantuan Inggris untuk Sulawesi Tengah sebesar Rp 60 miliar," ucapnya.

Kini, pesawat Angkatan Udara negara tersebut yang bermuatan bantuan sedang menuju Indonesia.

Pesawat bantuan kedua juga sedang dipersiapkan.

Selain itu, ada pesawat bermuatan bantuan yang ketiga sedang direncanakan.

Halaman
12
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved