Menko Maritim akan Usulkan Pembahasan Penanganan Gempa saat Pertemuan IMF-WBG 2018

19 Kepala Negara Dipastikan hadir dan sejumlah petinggi Lembaga Keuangan Sentral dari 189 Negara juga akan hadir dalam IMF-WBG

Menko Maritim akan Usulkan Pembahasan Penanganan Gempa saat Pertemuan IMF-WBG 2018
Tribun Bali/Rino Gale
Suasana kunjungan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim yang didampingi oleh Menko Maritim di Garuda Wisnu Kencana di Jalan Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta Selatan Rabu (5/7/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA – 19 Kepala Negara Dipastikan hadir dan sejumlah petinggi Lembaga Keuangan Sentral dari 189 Negara juga akan hadir dalam Annual Meetings IMF-WBG 201.

Sejumlah permasalahan keuangan dan ekonomi global akan dibahas dari 8 sampai 14 Oktober 2018 mendatang di BNDCC Nusa Dua Bali.

Dan Indonesia mengusulkan penanganan gempa dibahas dalam pertemuan tersebut berdasarkan pengalaman Indonesia sebagai negara yang berada di kawasan cincin api.

“Kami akan mengusulkan bagaimana penanganan gempa bumi belajar pengalaman Lombok dan Palu yang terakhir kemarin,” ucap Menko Maritim sekaligus Ketua Panitia Nasional Annual Meetings IMF-World Bank Group 2018, Luhut Binsar Pandjaitan, Minggu (6/10/2018) malam.

Di mana bertahun-tahun Pemerintah tidak memperhatikan soal becana gempa bumi, yang sebenarnya selalu terjadi setiap hari di Indonesia sehingga perlu perencanaan mitigasi bencana.

“Kita perlu ada logistic base atau pangkalan logistik di sejumlah titik di Indonesia, sehingga saat terjadi bencana akan mempermudah pengiriman logistik dan alat berat ke lokasi bencana,” ungkapnya.

Dan dari jadwal yang didapatkan Tribun, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, Perry Warjiyo ditetapkan sebagai Gubernur Bank Indonesia bersama IMF Management and Staff, akan melakukan kunjungan ke Lombok Nusa Tenggara Barat Senin 8 Oktober 2018 esok dengan menggunakan pesawat charter.

Lokasi yang akan dikunjungi esok hari adalah di Guntur Macan, Gunung Sari, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

IMF Management akan memberikan bantuan dana sebesar US $15.000 untuk Palang Merah Indonesia dan US $15.000 All Hands and Hearts NGO.(*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved