Pertemuan IMF dan Bank Dunia di Bali

Presiden Jokowi & Wapres Jusuf Kalla Dijadwalkan Hadiri Pembahasan 4 Isu Utama IMF-WB di Bali

Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan akan menghadiri Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia

Presiden Jokowi & Wapres Jusuf Kalla Dijadwalkan Hadiri Pembahasan 4 Isu Utama IMF-WB di Bali
Imanuel Nicolas Manafe
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menuju ke Masjid di kompleks Istana Bogor, Jawa Barat untuk menunaikan ibadah Shalat Jumat. 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan akan menghadiri Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia (Annual Meetings IMF-WB) untuk turut membahas empat isu utama.

 
Keempat isu utama itu adalah pembahasan human capital development index, digital economy, keuangan syariah, dan bantuan kebencanaan. 

 
“Presiden dijadwalkan akan hadir pada 11 dan 12 Oktober 2018. Sedangkan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 10 dan 13 Oktober 2018. Kehadiran keduanya untuk turut menghadiri sejumlah pembahasan terkait empat isu utama,” jelas Ketua Harian Panitia Nasional AM IMF-WB 2018 Susiwijono Moegiarso di ruang Joint Editor, Senin (8/10/2018) kemarin.

 
Ia menjelaskan human capital development index nantinya akan dipakai untuk seluruh dunia dalam melakukan pengukuran bagaimana pengembangan SDM di seluruh dunia.

Sedangkan terkait digital economy, ini merupakan isu penting usulan Indoensia. 

 
“Saat ini masih berbeda policy dari beberapa negara, sehingga nanti kita akan rilis 12 prinsip tentang bagaimana suatu negara mengembangkan fintech,” kata Susiwijono.

 
Secara spesifik juga akan dilakuan pembahasan mengenai  keuangan syariah.

 
Ini juga merupakan isu penting usulan Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

 
Sedangkan terkait bencana alam, pertemuan ini bukan sekadar penggalangan dana, melainkan lebih dari itu adalah kontribusi banyak negara terkait bencana.

 
“Pertemuan ini akan menyusun Disaster Risk Finance and Insurance (DRFI), yakni  bagaimana nantinya ada skema pembiayaan dalam mengatasi risiko bencana dan asuransi pasca bencana,” jelasnya.

 
Selain Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, sejumlah Kepala Negara lainnya juga akan menghadiri langsung AM IMF-WBG 2018 data sementara terdapat 11 Kepala Negara yang akan hadir.

 
Hal ini didapatkan dari informasi dari AirNav Indonesia Cabang Denpasar mengenai masuknya data Tamu VVIP yang akan mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. 

 
Diantaranya Kepala Negara/Pemerintahan (VVIP) dari Grenada, Switzerland, Malaysia, Thailand, Laos, Myanmar, Cambodia, Singapore, Philippines, Brunei dan Vietnam.(*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved