Desa Kutuh Berbagi Pengalaman Pengembangan Inovasi Desa pada Delegasi IMF-WBG 2018

Puluhan delegasi dari beberapa negara diajak berkeliling melakukan kunjungan ke sejumlah tempat

Desa Kutuh Berbagi Pengalaman Pengembangan Inovasi Desa pada Delegasi IMF-WBG 2018
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Kunjungan Delegasi IMF ke Desa Kutuh, Kuta Selatan, Selasa (17/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Memasuki hari kedua Fourth High Level Meeting on Country-Led Knowledge Sharing (HLM4 on CLKS) mengangkat tema “Local Innovation as Driver for Global Development". 

Dimana pertemuan tersebut merupakan bagian dari rangkaian seusai IMF-WBG 2018.

Puluhan delegasi dari beberapa negara diajak berkeliling melakukan kunjungan ke sejumlah tempat, dan salah satunya ke Desa Kutuh Kuta Selatan Badung, Selasa (16/10/2018).

Setibanya di Desa Kutuh, delegasi disambut dengan Tari Rangdu Natha yang merupakan tari maskot Desa Kutuh.

Selama penampilan tari tersebut, seluruh mata delegasi terfokus menontonnya hingga selesai dan mengabadikannya menggunakan ponsel masing-masing.

“Tentunya kami ingin membagi pengalaman program terhadap mereka, dan mereka juga memiliki program-program terkait pengembangan desa di negaranya. Kami mengajak mereka ke sini untuk melihat seperti apa proses replikasi sebuah inovasi yang akan dilakukan oleh desa-desa melalui bursa inovasi,” ungkap Direktur Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kemendesa PDTT, M. Fachri.

Sementara itu, Wisnu Utomo selaku Direktur Luar Negeri dan Kerja sama Pembangunan Internasional Bappenas menyampaikan, bukan tidak mungkin para delegasi akan menerapkan inovasi yang mereka lihat di Desa Kutuh ini.

“Ini suatu kesempatan yang bagus buat Desa Kutuh untuk bisa memberikan pembelajaran kepada teman-teman dari Negara lain, agar apa yang dilakukan oleh Desa Kutuh ini bisa diterapkan di negaranya tersebut,” ucapnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan pembukaan Bursa Inovasi Desa Kabupaten Badung Berbasis Digital, yang dihadiri oleh Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa.

Rombongan pun melanjutkan kunjungannya ke Pantai Pandawa Desa Kutuh Kuta Selatan.(*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved