CPNS 2018

Berikut Materi dari Tiga Aspek Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2018

Setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi CPNS 2018, selanjutnya masuk ke tahapan berikutnya

Berikut Materi dari Tiga Aspek Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2018
Twitter @BKNgoid
Tes Wawasan Kebangsaan 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi CPNS 2018, selanjutnya masuk ke tahapan berikutnya.

Tahapan tersebut yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan CAT.

Lalu apa saja materi yang akan keluar saat SKD?

Melalui akun twitter resminya @BKNgoid, Badan Kepegawaian Negara membahas terkait SKD ini.

Dalam beberapa cuitannya secara bersambung BKN menjelaskan terkait hal ini.

Dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) ada tiga aspek yang akan diujikan, yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TKW) yang diujikan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, Nasionalisme, Integritas, Bela Negara, Pilar Negara dan Bahasa Indonesia.

"Mengapa ini perlu? Karena kalian adalah calon perekat NKRI, penjamin kesatuan & persatuan bangsa," kata akun @BKNgoid yang dikutip, Minggu (21/10/2018).

Untuk Tes Intelegensia Umum (TIU) digunakan untuk mengukur seberapa cakap pelamar dalam hal logika, verbal, figural dan analisis, memecahkan masalah dengan inovasi baru.

Materi tesnya meliputi kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan figural, kemampuan berpikir logis, dan kemampuan berpikir analitis.

Yang ketiga yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Tujuannya untuk melihat kemampuan pelamar beradaptasi, bekerja secara tim, IT, pelayanan, karakter, integritas, kemampuan menahan sebaran hoaks dan SARA.

Adapun materi tesnya meliputi sosial budaya, kreativitas dan inovasi, profesionalisme, jejaring kerja, integritas diri, semangat berprestasi, kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, pelayanan publik, teknologi informasi dan komunikasi, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar dan berkelanjutan, serta orientasi pada pelayanan. (*)

Penulis: Putu Supartika
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved