Lokasabha Mahagotra Catur Sanak Bali Mula Badung dan Denpasar Bahas Kepengurusan dan Program Kerja

Mahagotra Catur Sanak Bali Mula Kabupaten Badung dan Kota Madya Denpasar melaksanakan lokasabha di Pura Candi Narmada

Lokasabha Mahagotra Catur Sanak Bali Mula Badung dan Denpasar Bahas Kepengurusan dan Program Kerja
Tribun Bali/I Wayan Sui Suadnyana
Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Bagus Mataram membuka Lokasabha Mahagotra Catur Sanak Bali Mula Kabupaten Badung dan Kodya Denpasar di Pura Candi Narmada, Tanah Kilap, Minggu, (21/10/2018). 

Laporan wartawan Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Mahagotra Catur Sanak Bali Mula Kabupaten Badung dan Kota Madya Denpasar melaksanakan lokasabha di Pura Candi Narmada, Tanah Kilap, Minggu (21/10/2018).

Lokasabha ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Bagus Mataram serta Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali.

Ketua Umum Mahagotra Catur Sanak Bali Mula Provinsi Bali, Dr. I Ketut Mardjana, menuturkan bahwa lokasabha ini adalah amanat dari anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART).

Dalam lokasabha ini akan dipilih kepengurusan yang baru dan melanjutkan pembahasan mengenai program yang akan dikerjakan dalam kurun waktu lima tahun mendatang.

Lokasabha ini, diterangkan Murdjana, juga sebagai bentuk dari visi yang selama ini digaungkan oleh Mahagotra Catur Sanak Bali Mula, yaitu bhakti ring ida bhatara kawitan eling lan sutindih ring pasemetonan.

"Itu yang ingin terus kami galang sehingga betul-betul nanti akan menjadi satu pemikiran, satu persepsi dan satu arah kemana akan dan juga landasan dari Mahagotra Catur Sanak Bali Mula," terang mantan Dirut Pos Indonesia itu.

Sementara itu, Kadisbud Denpasar, IGN Bagus Mataram menyampaikan bahwa dengan adanya Mahagotra Catur Sanak Bali Mula sangat mendukung program pemerintah Kota Denpasar.

Lokasabha ini juga sudah mengacung ada UU. No. 5 tahun 2017 tentang Pemajian Kebudayaan yang salah satunya berisikan tentang kegiatan adat istiadat.

"Jadi kegiatan adat istiadat ini adalah kegiatan kemasyarakatan yang diwariskan secara generasi ke generasi sama yang dilakukan oleh Mahagotra Catur Sanak Bali Mula," terangnya.

Lanjut Mataram, pelaksanaan ini mendukung langsung program pemerintah Kota Denpasar untuk melestarikan budaya dan agama. (*)

Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved