Ritual Timbang Sanganan Lanlanan, Terawang Kemakmuran 3 Tahun ke Depan

Sebuah ritual digelar tiap tiga tahun sekali bertepatan dengan Puncak Karya Ngusaba Ida Betara Turun Kabeh di Pura Kehen Bangli

Ritual Timbang Sanganan Lanlanan, Terawang Kemakmuran 3 Tahun ke Depan
Tribun Bali/Muhammad Fredey Mercury
Jero Mangku saat menimbang sanganan lanlanan untuk mengetahui kondisi kemakmuran Bangli selama tiga tahun ke depan, Rabu (24/10/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Sebuah ritual digelar tiap tiga tahun sekali bertepatan dengan Puncak Karya Ngusaba Ida Betara Turun Kabeh di Pura Kehen Bangli.

Oleh masyarakat, ritual ini dipercaya mampu mengetahui kondisi kemakmuran yang akan terjadi dalam tiga tahun selanjutnya.

Sebelum dimulai, terlebih dahulu dilakukan pembuatan sanganan (jajanan), yang bentuknya mirip dengan jaja uli.

Pembuatan sanganan dilakukan tujuh orang yang ditunjuk langsung oleh Jero Gede Kehen, dengan kriteria wanita dewasa yang telah memasuki masa menopause, serta anak-anak baik itu laki-laki yang belum akil balig atau menek kelih, dan perempuan yang belum menstruasi.

“Pembuat sanganan utamanya harus normal secara fisik. Bagi anak-anak belum akil balig khususnya laki-laki, dan belum menstruasi bagi perempuan. Sedangkan bagi orang dewasa khusus wanita yang telah memasuki masa menopause. Tujuh pengayah yang membuat sanganan merupakan keturunan pengemong Pura Kehen (Dangka Maksan) yang berjumlah 33 orang,” jelas Jero Mangku Gede Penyarikan, Rabu (24/10/2018).

Terdapat tanda khusus para pembuat sanganan ini.

Di atas kepala mereka, dipasangi paiketan yang berbahan janur.

Secara simbolis, paiketan yang dipasang di atas kepala bertujuan untuk memfokuskan perhatian hanya pada hal-hal bersifat niskala.

Sementara sanganan yang dibuat merupakan simbol kemakmuran.

Dalam pembuatan sanganan, para pengayah dilarang berbicara.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved