BPBD Denpasar Terima Panggilan Kejadian Sampai 10 Kali Sehari, Respon Time 8-15 Menit

Di tengah peristiwa dan kejadian yang terjadi di seputaran Kota Denpasar, setiap hari BPBD mencatat ada 5 sampai 10 kali kejadian

BPBD Denpasar Terima Panggilan Kejadian Sampai 10 Kali Sehari, Respon Time 8-15 Menit
Tribun Bali/Busrah Ardans
Upacara Tumpek Landep untuk armada BPBD Kota Denpasar,Sabtu (27/10/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Di tengah peristiwa dan kejadian yang terjadi di seputaran Kota Denpasar, setiap hari BPBD mencatat ada 5 sampai 10 kali kejadian.

Berbagai macam kejadian yang sering ditangani BPBD diantaranya, pemadaman kebakaran, laka lantas, mengantarkan pasien ke rumah sakit, mengantarkan jenazah ke rumah duka, mengevakuasi mayat, penanggulangan bencana, sampai hal kecil seperti evakuasi binatang berbahaya atau ular.

Di balik itu semua, terdapat ratusan anggota BPBD yang bersiaga 24 jam dengan merespon kejadian secepat mungkin, dengan durasi 8 sampai 15 menit setelah mendapat info.

Hal tersebut dikemukakan Kasirehabilitasi BPBD Kota Denpasar, I Gede Mardawa saat diwawancarai tribun-bali.com pagi tadi, usai menggelar upacara terhadap armada BPBD dalam rangka memperingati hari suci Tumpek Landep, di pos induk BPBD Kota Denpasar, Jalan Imam Bonjol, Sabtu (27/10/2018).

"Kalau tiap hari itu ada sekitar 5 sampai 10 panggilan kejadian karena termasuk kejadian kecelakaan lalu lintas. Tidak hanya kecelakaan, misalnya ada orang sakit kami antar, termasuk mengantar jenazah. Itu rutinitasnya yang lebih banyak. Kalau pemadam kebakaran kan suatu waktu," ungkap Mardawa.

Saat ini kata dia, respon masyarakat terhadap kejadian yang memerlukan bantuan BPBD itu semakin baik.

"Respon masyarakat semakin baik. Terutama kemarin saat gempa itu. Mereka juga tidak cepat panik, sudah mulai bisa menyiasati kejadian. Apalagi beberapa kali diadakan sosialisasi agar masyarakat lebih tenang. Juga beberapa sektor BPBD yang cukup membantu masyarakat merespon," kata dia menjelaskan.

Selain itu, dia juga mengapresiasi kinerja petugas BPBD yang selalu sigap dalam merespon permintaan masyarakat.

"Kalau respon tim kami itu setelah ada kejadian, harus bisa tiba di lokasi 8 menit sampai 15 menit, tentunya daerah Denpasar. Apalagi tim kami berjumlah ratusan petugas, jadi bisa cepat mem-backup kejadian-kejadian yang terjadi di seputaran Denpasar, sesuai dengan wewenang BPBD Kota Denpasar," jelasnya kepada tribun-bali.com.

Bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan BPBD Kota Denpasar bisa menghubungi nomor telpon 223333. (*)

Penulis: Busrah Ardans
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved