BPJS Kesehatan Klungkung

Sudi: Penuhi Kewajiban, Jangan Mau Haknya Saja

Selama ia dirawat di sana, ia merasakan pelayanan yang sangat memuaskan dan tidak ada pemebedaan dengan pasien-pasien yang lainnya

Sudi: Penuhi Kewajiban, Jangan Mau Haknya Saja
Istimewa

TRIBUN-BALI.COM - “Bayangkan saja, jika tidak menggunakan jaminan dari program JKN-KIS. Berapa uang yang sudah saya keluarkan. Padahal dengan iuran yang sangat terjangkau, pelayanannya pun tiada beda dengan pasien lainnya yang bayar dari kantong sendiri."

I Wayan Sudi adalah seorang pria berasal dari Abang Karangasem berusia 43 tahun.

Pada usianya ini, Sudi didiagnosa menderita OMI (Old Myocardial Infarction) atau sering disebut serangan jantung.

Hal ini membuatnya harus rutin melakukan pengobatan.

Beberapa kali ia harus datang ke rumah sakit untuk melakukan pengobatan.

"Terakhir kali adalah pada tanggal 13 Maret 2018 di Rumah Sakit Umum Bali Med Karangasem," ucapnya sambil mengingat-ingat.

Selama beberapa kali melakukan pengobatan, ia selalu menggunakan kartu JKN-KIS yang ia miliki.

I Wayan Sudi terdaftar sebagai peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) kelas 3.

Dengan iuran sebesar Rp 25 ribu per bulan yang ia bayarkan, nyatanya ia mendapatkan timbal balik berupa pelayanan kesehatan yang komprehensif di seluruh fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Hal ini ia buktikan ketika berobat di RSU Bali Med Karangasem.

Selama ia dirawat di sana, ia merasakan pelayanan yang sangat memuaskan dan tidak ada pemebedaan dengan pasien-pasien yang lainnya, dan yang terpenting tidak ada biaya sepeserpun yang ia keluarkan.

Meskipun sakit yang ia derita cukup berat namun ia bisa fokus terhadap penyembuhannya tanpa memikirkan biaya pengobatan yang sudah ditanggung oleh program JKN-KIS.

“Saya merasa program ini adalah program terbaik yang dimiliki bangsa Indonesia dalam hal asuransi sosial di bidang kesehatan. Pelayanan yang diberikan semakin baik dan meningkat, saya sangat yakin ke depan program ini akan lebih baik lagi dan dapat membantu seluruh masyarakat. Oleh sebabnya saya juga berharap seluruh penduduk dapat mengikuti program ini dengan baik. Mari kita penuhi kewajiban juga untuk membayar iuran, jangan memikirkan haknya saja. Terima kasih JKN-KIS, terima kasih BPJS Kesehatan. Semoga fasilitas kesehatan juga pelayanannya semakin meningkat,” tegas Sudi. (*)

Editor: Irma Budiarti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved