Melalui Medsos, Yayasan Gaya Dewata Ajak Rutin Tes HIV

Satu di antara berbagai cara Yayasan Gaya Dewata menjangkau kaum GWL adalah melalui media sosial.

Melalui Medsos, Yayasan Gaya Dewata Ajak Rutin Tes HIV
instagram @gayadewata
Ilustrasi Edukasi yang dilakukan Yayasan Gaya Dewata (YGD) 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR -  Menjadi seorang Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender (LGBT) bukanlah hal yang mudah, terutama di Indonesia.

Hingga kini stigma-stigma negatif masih sering “hinggap” di kehidupan LGBT seperti halnya dituding sebagai kaum HIV-AIDS karena perilaku seksualnya yang dianggap menyimpang dan tidak aman.

Tak heran, di beberapa daerah di Indonesia, keberadaan kaum LGBT sering ditolak keras bahkan didiskriminasikan.

Kaum LGBT juga ada di Bali, khususnya di daerah Kuta, Legian, Seminyak, bahkan terdapat tempat atau klab khusus LGBT, komunitas LGBT hingga acara-acara yang diadakan untuk kelompok ini.

LSM LGBT di Bali mengambil peran untuk mengedukasi kaum LGBT untuk melakukan tes HIV.

Satu di antaranya adalah Yayasan Gaya Dewata.

Yayasan yang terkonsentrasi pada kelompok Gay, Waria, Laki-laki Seks Laki-Laki (GWL) di Denpasar dan Badung ini telah berdiri sejak tahun 1992.

Menurut Direktur Yayasan Gaya Dewata, Christian Supriyadinata, awalnya yayasan ini bertujuan untuk mewadahi kelompok GWL untuk sharing dan saling membantu sesama komunitas.

Seiring berjalannya waktu karena banyaknya kasus HIV yang dialamatkan kepada kaum homoseksual, bahkan disebut sebagai penyakitnya homoseksual dan bule, Gaya Dewata pun menjalankan peran untuk meluruskan informasi di masyarakat agar kaum LGBT tidak di justifikasi sebagai kelompok yang paling rentan tertular.

“Padahal HIV itu bisa tertular karena perilaku, bukan karena dia gay atau bule, tapi siapapun bisa tertular penyakit ini,” ujar Christian, Senin (24/9/2018) di Denpasar.

Halaman
1234
Penulis: Eviera Paramita Sandi
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved