CPNS 2018

Dari 1.596 Peserta CPNS di Pemkab Klungkung yang Lolos Hanya 79, Begini Sebabnya

Hasilnya mengejutkan, dari total 1.596 pelamar yang mengikuti SKD, hanya 79 orang yang lolos setelah nilainya memenuhi passing grade.

Dari 1.596 Peserta CPNS di Pemkab Klungkung yang Lolos Hanya 79, Begini Sebabnya
Tribun Bali/Rizal Fanany
Sejumlah pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Kabupaten Badung mengantri sebelum mengikuti tes Seleksi Kopentisi Dasar (SKD) dengan menggunakan sistem Comuter Assisted Tes (CAT) di Gedung Makodam IX/Udayana, Jalan Raya Udayana, Denpasar, Senin (5/11/2018). Tes SKD diselenggarakan selama dua hari, 5-6 November. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Pemkab Klungkung telah melakukan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Hasilnya mengejutkan, dari total 1.596 pelamar yang mengikuti SKD, hanya 79 orang yang lolos setelah nilainya memenuhi passing grade.

Artinya, ada 1.517 peserta yang nilainya tak memenuhi passing grade sesuai Permenpan No 37 Tahun 2018.

“Pelamar CPNS yang lulus administrasi sebanyak 1.629 orang, ada 33 peserta tidak hadir tes kompetensi dasar ini. Jadi yang ikut tes 1.596 orang, dan ternyata hanya 79 pelamar yang nilainya memenuhi syarat passing grade,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Klungkung, I Komang Susana, saat ditemui Tribun Bali di ruangannya, Senin (5/11).

Susana mengungkapkan, tes SKD dilaksanakan di Makodam IX Udayana, Denpasar, Minggu (4/11). Tes dilakukan dalam lima sesi.

Setiap sesinya masing-masing diikuti oleh 360 peserta. Sementara sesi terakhir diikuti oleh 186 peserta.

Sesuai dengan Permenpan No 37 Tahun 2018, ditentukan nilai passing grade untuk SKD dengan sistem CAT yakni Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan minimal nilai 143, Tes Intelegensia Umum (TIU) minimal nilai 80, dan Tes Wawasan Kebangsaan (TKW) minimal nilai 75.

Berdasarkan hasil evaluasi BKD Klungkung, rata-rata pelamar gagal di Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Padahal tidak ada standar benar atau salah pada soal-soal Tes Karakteristik Pribadi.

"Tapi jika dibanding daerah lainnya di Bali, 79 pelamar yang nilainya sesuai passing grade di Klungkung ini termasuk banyak," jelas Susana.

Jumlah 79 ini tentunya jauh dari kuota CPNS di Pemkab Klungkung sebanyak 176 formasi.

Halaman
1234
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved