Kasus OTT di Tirta Empul Mengarah ke Dugaan Korupsi, Bendesa Manukayalet Calon Tersangka

Polres Gianyar belum menetapkan tersangka dalam kasus operasi tangkap tangan (OTT) atas dugaan pungutan liar (pungli) di obyek pariwisata Tirta Empul

Kasus OTT di Tirta Empul Mengarah ke Dugaan Korupsi, Bendesa Manukayalet Calon Tersangka
Tribun Bali/I Nyoman Mahayasa
Pengungkapan kasus korupsi praktek pemungutan tiket masuk obyek wisata Tirta Empul oleh Polres Gianyar, Senin (12/11/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR – Polres Gianyar belum menetapkan tersangka dalam kasus operasi tangkap tangan (OTT) atas dugaan pungutan liar (pungli) di obyek pariwisata Tirta Empul, Desa Manukayalet, Tampaksiring, Gianyar.

Namun dalam siaran pers tertulis, Senin (12/11), Polres Gianyar  menyatakan calon tersangka dalam kasus ini adalah Bendesa Pakraman Manukayalet, I Made Mawi Arnata (67).

Alasannya, Mawi Arnata sebagai pihak yang menandatangani perarem terkait penarikan retribusi pariwisata Tirta Empul di luar jam penarikan yang telah disepakati dengan Pemkab Gianyar.

Dari sudut pandang kepolisian, pungutan yang hanya berpatok pada perarem tersebut masuk dalam kategori melanggar hukum pidana.

Adapun kerugian yang dialami negara atau Pemkab Gianyar dalam kasus ini sebesar Rp 10 miliar lebih, dari tahun 2013 sampai 2018.

Kapolres Gianyar AKBP Priyanto Priyo Hutomo mengungkapkan, kasus ini berawal dari informasi masyarakat.

Kemudian Tim Saber Pungli Gianyar melakukan OTT di loket pelayanan tiket Tirta Empul pada Selasa (6/11) pukul 17.00 Wita.

Di sana, aparat kepolisian mengamankan dua orang petugas penjualan tiket. Namun dalam hal ini Polres hanya menjadikan kedua orang tersebut sebagai saksi.

Tim juga mengamankan uang tunai Rp 10 juta lebih, sejumlah karcis yang dibuat oleh Desa Pakraman Manukayalet serta rincian buku keuangan.

“Dalam pemeriksaan, penyidikan mengarah pada adanya tindak dugaan korupsi,” ujarnya.

Halaman
1234
Penulis: I Wayan Eri Gunarta
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved