Denpasar Terima Kirab Panji-panji Pahlawan dan Surat Sakti I Gusti Ngurah Rai

Sejumlah pelajar terlihat mengikuti gerak jalan dengan mengenakan pakaian perjuangan dalam

Denpasar Terima Kirab Panji-panji Pahlawan dan Surat Sakti I Gusti Ngurah Rai
Humas Pemkot Denpasar
Gerak jalan Peringatan Hari Puputan Margarana ke-72 tahun, Sabtu (17/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Sejumlah pelajar terlihat mengikuti gerak jalan dengan mengenakan pakaian perjuangan dalam kegiatan Peringatan ke-72 tahun perang Puputan Margarana melawan Belanda.

Kegiatan ini diawali dengan upacara yang dipimpin Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara, yang sekaligus melepas peserta gerak jalan.

Rai Iswara mengatakan, semangat perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pahlawan perjuangan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi generasi penerus bangsa, untuk berjuang bahu-membahu mengisi kemerdekaan dengan melakukan pembangunan di segala bidang untuk mencapai tujuan nasional.

“Untuk itu para generasi muda bangsa memiliki kewajiban bersama-sama meneruskan perjuangan para pejuang, agar bangsa Indonesia bisa mewujudkan bangsa yang sejahtera, adil dan makmur,” kata Rai Iswara.

Ia menambahkan, nilai-nilai kepahlawanan yang digerakkan pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai diharapkan dapat memberi vibrasi kepada semua, untuk tulus mengabdi dengan berbagai profesi apapun di dalam memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Mari kita tingkatkan kualitas diri untuk terus bekerja, bekerja dan terus bekerja dengan ketulusan, sehingga tercapai profesionalisme untuk dapat meningkatkan derajat kehidupan masyarakat terutama peningkatan kesejahteraan dan kebahagiaan,” harapnya.

Sementara Kepala Bagian Kesra Setda Kota Denpasar, Raka Purwantara mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Puputan Margarana yang ke-72.

Dalam hal ini Pemerintah Kota Denpasar menerima kirab panji-panji pahlawan dan surat sakti pahlawan I Gusti Ngurah Rai dari Kabupaten Gianyar.

Setelah itu dilanjutkan dengan napak tilas yang diikuti sebanyak 16 regu dari SMA/SMK se-Kota Denpasar, dimulai dari Depan Puri Agung Kesiman dan berakhir di Wantilan Pura Desa Pakraman Peguyangan.

"Setelah mencapai finish kegiatan akan dilanjutkan dengan lomba yel-yel bertemakan jiwa semangat dan nilai-nilai kepahlawanan I Gusti Ngurah Rai, sorenya akan dilaksanakan sarah sehan yang bertemakan 4 pilar kebangsaan dikaitkan dengan kondisi kekinian berbangsa dan bernegara," kata Raka Purwantara.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara menerima piala bergilir Wali Kota Denpasar dalam lomba napak tilas perjuangan pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai dari juara tahun lalu yakni SMKN 5 Denpasar.

Kegiatan ini dihadiri oleh Penglingsir Puri Kesiman, AA Ngurah Gede Kusuma Wardana, Sekda Kabupaten Gianyar, Made Gede Wisnu Wijaya, seluruh Pejabat Pemkot Denpasar, unsur Korpri, LVRI , Kepemudaan, Organisasi Masyarakat, TNI, dan Polri. (*)

Penulis: Putu Supartika
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved