Smart Woman

Yupit Komikus Muda Bali Ciptakan Komik Tentang Kehidupan Orang Biasa

Yupit adalah komikus muda asal Bali. Baru-baru ini karyanya, “Warung” terpilih sebagai komik official di salah satu platform komik web

Yupit Komikus Muda Bali Ciptakan Komik Tentang Kehidupan Orang Biasa
Istimewa
I Gusti Ayu Pitriani, komikus muda Bali. 

TRIBUN-BALI.COM - Warung Mak Siti barangkali hanyalah warung biasa nan sederhana, namun banyak peristiwa terjadi di sana. Suatu hari ada anak kecil jahil yang mengisengi penjaga warung. Di lain waktu ada tetangga yang datang berbelanja sambil berbagi gosip.

Ada juga saat di mana penjaga warung melakukan kebaikan-kebaikan kecil membantu pelanggannya. Suasana Warung Mak Siti yang selalu diwarnai dengan kehangatan dan keceriaan inilah yang ingin disampaikan dalam komik “Warung” karya I Gusti Ayu Pitriani, akrab disapa Yupit.

Di tengah banyaknya genre komik yang ada, Yupit memilih untuk menampilkan tema slice of life. Ia ingin memperlihatkan bahwa kejadian sehari-hari dari orang biasa pun menarik untuk dijadikan bahan komik.

Slice of life adalah tema yang paling dekat dengan keseharian pembaca. Barangkali ada satu-dua kejadian dalam komik ini yang mungkin pembaca pernah alami sendiri. Itulah sisi menariknya,” ucap komikus kelahiran Karangasem, 15 April 1994 ini.

Yupit adalah komikus muda asal Bali. Baru-baru ini karyanya, “Warung” terpilih sebagai komik official di salah satu platform komik web.

Untuk menjadi komikus official bukan perkara mudah. Serangkaian seleksi dilakukan untuk memastikan kelayakan konten dan kualitas.

“Kira-kira setahun lamanya saya menunggu kepastian, apakah komik saya jadi diterbitkan official atau tidak. Penantian yang cukup panjang memang. Tapi saya senang akhirnya harapan itu terkabul,” ungkapya.

Menjadi komikus memang impian Yupit sejak kecil. Dulu ia sering menghabiskan waktu senggang dengan membaca komik.

“Berbeda dengan novel, komik memiliki unsur gambar. Jadi sewaktu membaca, saya tidak hanya menikmati alur ceritanya, namun juga artwork komikusnya,” kata mahasiswi Pascasarjana ISI Denpasar ini.

Berawal dari hobi itulah ia terus berlatih menggambar komik.

Halaman
12
Penulis: Ni Putu Diah paramitha ganeshwari
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved