Sekda Bali Tegaskan Penyandang Disabilitas Harus Mendapat Kesetaraan

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali, Dewa Made Indra menjelaskan bahwa para penyandang disabilitas harus mendapat kesetaraan

Sekda Bali Tegaskan Penyandang Disabilitas Harus Mendapat Kesetaraan
Tribun Bali/I Wayan Sui Suadnyana
Sekda Provinsi Bali, Dewa Made Indra saat hadir pada acara peringatan Hari Disabilitas Internasional di Kantor Dinas Sosial Provinsi Bali pada Senin, (03/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali, Dewa Made Indra menjelaskan bahwa para penyandang disabilitas harus mendapat kesetaraan dengan warga masyarakat lainnya.

Kesetaraan yang dimaksud yakni dari segi pendidikan, keolahragaan, dan lapangan kerja.

Selain itu, juga partisipasinya dalam pembangunan dan pemerintahan serta dalam sistem politik.

Dewa Made Indra menjelaskan bahwa kesetaraan para penyandang disabilitas dengan masyarakat pada umumnya berdasarkan pada regulasi yang sudah tersedia, seperti adanya undang-undang, peraturan daerah, dan peraturan kepala daerah.

Melalui berbagai macam regulasi itu, Dewa Made Indra menjelaskan bahwa di berbagai perkantoran wajib hukumnya untuk ramah terhadap disabilitas, sehingga memudahkan mereka untuk mengunjungi kantor institusi pemerintahan tersebut.

"Jadi aksesnya saja harus sama, kemudian tempat juga harus disediakan, hak-hak kewarganegaraannya harus dipenuhi semua," kata Dewa Made Indra saat hadir pada acara peringatan Hari Disabilitas Internasional di Kantor Dinas Sosial Provinsi Bali pada Senin (3/12/2018).

Dalam pemenuhan hak-hak para penyandang disabilitas, negara juga hadir seperti dalam sistem pendidikan yang disediakan secara khusus oleh pemerintah.

Hal ini, menurutnya, dikarenakan perlu metode pendidikan yang khusus untuk para penyandang disabilitas.

Ia menambahkan, lembaga pendidikan juga perlu disempurnakan agar dapat mengakomodasi lebih banyak lagi penyandang disabilitas.

Dalam melakukan perekrutan pekerjaan, penyandang disabilitas juga harus mendapatkan peluang yang sama sepanjang kualifikasinya memenuhi. (*)

Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved