Putera Sampoerna Foundation Tingkatkan Kualitas Pendidikan di SMAN 1 Kintamani

Lighthouse School Program (LSP) di SMA Negeri 1 Kintamani, Jumat (7/12/2018), merupakan inisiatif dari Grup Usaha Tegas Malaysia

Putera Sampoerna Foundation Tingkatkan Kualitas Pendidikan di SMAN 1 Kintamani
Dok School Development Outreach
Lighthouse School Program (LSP) di SMA Negeri 1 Kintamani 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Lighthouse School Program (LSP) di SMA Negeri 1 Kintamani, Jumat (7/12/2018),  merupakan inisiatif dari Grup Usaha Tegas Malaysia, untuk memajukan kualitas pendidikan dalam Program Pengembangan Sekolah Menengah Umum (SMA) di Kabupaten Bangli.

Inisiatif ini disambut baik oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bali sebagai penanggung jawab jenjang pendidikan menengah atas dan PSF- School Development Outreach (PSF-SDO) yang merupakan bagian dari Sampoerna University, sebagai perancang dan pelaksana program.

Lighthouse School Program adalah program peningkatan kualitas sekolah melalui pendekatan yang intensif, komprehensif dan kolaboratif untuk mewujudkan sistem manajemen sekolah yang akuntabel yang didukung oleh guru-guru berkualitas, terutama pada bidang STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) serta Bahasa Inggris.

Melalui LSP, guru dan tim manajemen sekolah didorong untuk menerapkan praktik terbaik pembelajaran internasional.

Program Lighthouse School diharapkan juga dapat mempersiapkan sekolah menjadi sekolah rujukan bagi sekolah-sekolah di sekitarnya.

Program kemitraan dalam mewujudkan sekolah rujukan di Kabupaten Bangli ini telah berlangsung selama 1 tahun dari tiga tahun yang direncanakan. 

Selama satu tahun program berjalan, serangkaian kegiatan sudah dilakukan antara lain penguatan kemampuan manajerial bagi kepala sekolah dan tim manajemen sekolah, pelatihan dan pendampinganguru agar dapatmengajar di kelas dengan efektif.

Selain melakukan serangkaian kegiatan tersebut, PSF-SDO juga melakukan beberapa kegiatan lain seperti pembenahan tata kelola laboratorium IPA, dan pembentukan karakter dan peningkatan minat baca siswa melalui berbagai pembiasaan.

Semua kegiatan tersebut dilakukan dengan dukungan penuh dari Group Usaha Tegas Malaysia dan Dinas Pendidikan Provinsi Bali.

Secara umum, fokus program di tahun pertama diarahkan untuk meningkatkan kapasitas pedagogis dasar setiap guru mata pelajaran dan pengembangan tim manajemen sekolah.

Halaman
123
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved