Volume Sampah di Desa Lembongan Mencapai 2,5 Ton per hari Saat High Season

Volume sampah di Desa Lembongan, Klungkung, Bali, bisa mencapai sekitar 2,5 ton per hari saat high season

Volume Sampah di Desa Lembongan Mencapai 2,5 Ton per hari Saat High Season
Tribun Bali/Putu Dewi Adi Damayanthi
Tumpukan sampah di Unit Pengolah Sampah Pesisir dan Laut Wahyu Segara, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Bali, Sabtu (8/12/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Volume sampah di Desa Lembongan, Klungkung, Bali, bisa mencapai sekitar 2,5 ton per hari saat high season.

Bali memiliki keindahan alam tersendiri yang menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun asing untuk berkunjung ke pulau berjuluk seribu pura ini.

Salah satu menjadi destinasi favorit di Bali adalah Nusa Lembongan.

PT Astra Internasional Tbk kali ini berkesempatan mengunjungi Unit Pengolah Sampah Pesisir dan Laut, Wahyu Segara, di Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Bali, Sabtu (8/12/2018). 

Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Kepala Desa/Perbekel Desa Lembongan, I Ketut Gede Arjaya, dan Unit Pengolah Sampah Pesisir dan Laut Wahyu Segara, Putu Asmara.

Arjaya bercerita bahwa  wisatawan yang berkunjung ke Nusa Lembongan tidak hanya membawa dampak positif, namun juga ada dampak negatif seperti volume sampah yang meningkat.  

"Jumlah usaha yang ada sekarang itu adalah di Lembongan saja saya hitung itu hampir 165 usaha pariwisata, baik itu restoran maupun akomodasi, dan itulah salah satu yang memberikan kontribusi volume sampah yang begitu luar biasa sekarang. Jumlah sampah atau volume sampah, karena sekarang ini low season kira-kira per-hari 1,5 ton, kalau lagi high season itu 2,5 ton per hari, yang bisa diolah mungkin baru setengahnya dari itu, jumlah itu yang diangkut selama ini per harinya,“ ujarnya.

Ia menjelaskan, sampah juga muncul di pesisir pantai saat terjadi air pasang.

Ia mengaku belum mengetahui darimana asal sampah tersebut.

Ia menuturkan untuk sampah plastik di Lembongan, di-packing lalu dikirim ke Banyuwangi untuk kembali diolah.

Halaman
12
Penulis: Putu Dewi Adi Damayanthi
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved