Kamis Ini Angkasa Pura I Gelar Latihan PKD, Runway dan Aerodome Bandara Ngurah Rai Close 20 Menit

PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali akan menggelar latihan Penanggulangan Keadaan Darurat

Kamis Ini Angkasa Pura I Gelar Latihan PKD, Runway dan Aerodome Bandara Ngurah Rai Close 20 Menit
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA – Mengacu kepada UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2001 tentang Keamanan dan Keselamatan Penerbangan, Surat Direktur Operasi PT Angkasa Pura I (Persero) Nomor AP.I.4441/OB.03.04/2018-B tanggal 22 Agustus perihal Penetapan Pelaksanaan PKD, serta Airport Security Program PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali akan menggelar latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Dirgantara Raharja PT Angkasa Pura I (Persero) ke-101 pada Kamis (13/12/2018), di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Pelaksanaan latihan PKD ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan personel dan fasilitas bandara terhadap segala jenis situasi darurat yang dapat terjadi, dan mengancam kegiatan operasional penerbangan serta pelayanan terhadap pengguna jasa bandara. 

Pelaksanaan latihan PKD akan dimulai pada hari Rabu (12/12/2018) dengan dilaksanakan latihan simulasi table top, di Hotel Patra Jasa, Kompleks Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. 

Simulasi latihan yang dilaksanakan dalam table top adalah miniatur dari latihan PKD yang akan dilaksanakan keesokan harinya, Kamis (13/12/2018).

Setelah dilaksanakan simulasi latihan table top, akan dilaksanakan latihan PKD pada Kamis (13/12/2018), yang akan mengambil tempat beberapa lokasi di kompleks Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Adapun teknis pelaksanaan akan menggunakan beberapa skenario latihan yang akan melibatkan simulasi aksi penanggulangan situasi darurat yang mengancam keamanan bandara dan keselamatan penerbangan. 

“Pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan bukan untuk melihat kelebihan. Justru, dengan adanya latihan ini, akan terlihat celah dan kelemahan dalam SOP, sehingga dapat disempurnakan lagi,” jelas General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Yanus Suprayogi, Senin (10/12/2018).

Pelaksanaan latihan ini juga akan melibatkan berbagai instansi komunitas bandara, antara lain airline, Airnav, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan, serta beberapa instansi eksternal dalam bidang keamanan meliputi TNI Angkatan Udara dan Tim Gegana Polda Bali.

Latihan PKD juga turut ditujukan untuk menguji response time koordinasi yang tertuang dalam standard operating procedure (SOP) dalam Airport Emergency Plan (AEP), antara personel bandara dengan instansi eksternal yang tergabung dalam Airport Emergency Committee (AEC) jika terjadi keadaan darurat.

Halaman
123
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved