Bawaslu Tabanan Terima Banyak Laporan Pelanggaran APK

Bawaslu mengakui hingga saat ini sudah banyak menerima laporan pelanggaran-pelanggaran tahapan pemilu

Bawaslu Tabanan Terima Banyak Laporan Pelanggaran APK
Tribun Bali/I Made Prasetia Aryawan
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tabanan menggelar Rapat Koordinasi¬†Pengawasan Tahap Pemilihan Umum tahun 2019 dengan Lembaga Swadaya Masyarakat di Warung CS Bedha, Desa Bongan, Tabanan, Rabu (12/12/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tabanan menggelar Rapat Koordinasi  Pengawasan Tahap Pemilihan Umum tahun 2019 dengan Lembaga Swadaya Masyarakat, di Warung CS Bedha, Desa Bongan, Tabanan, Rabu (12/12/2018).

Bawaslu mengakui hingga saat ini sudah banyak menerima laporan pelanggaran-pelanggaran tahapan pemilu, salah satunya pelanggaran pada Alat Peraga Kampanye (APK).

Bahkan, di Tabanan sendiri sudah ada tiga pengerusakan APK yang terjadi di wilayah Marga, Pupuan, dan Selemadeg.

Kordiv Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Bali, I Ketut Rudia mengakui tantangan terberat untuk Pemilu 2019 adalah tentang pelanggaran APK.

Sebab pihaknya mensinyalir banyak APK yang melanggar ketentuan zona pemasangan.

Selain itu, ruang abu-abu kerap dimanfaatkan untuk pemasangan APK.

“Sudah banyak laporan yang masuk atau diterima mengenai pelanggaran APK. Dan itu sudah kami lakukan beberapa tindakan dengan melibatkan pihak Satpol PP juga untuk menertibkannya,” kata Rudia, Rabu (12/12/2018).

Dia melanjutkan, begitu melakukan pengawasan terhadap APK yang melanggar, akan dirangkum dalam form pengawasan dan kemudian diklasifikasi mana yang melanggar dan mana yang tidak.

“Kemudian untuk yang melanggar itu kita langsung berikan surat peringatan kepada peserta pemilu. Dan itu sudah diatur dalam SE Bawaslu Nomor 1990 tahun 2018. Itu kita langsung berikan surat peringatan penurunan dalam waktu 1x24 jam. Dan jika tidak diindahkan langsung melibatkan Satpol PP untuk penertiban,” tegasnya.

Rudia mengimbau, seluruh Parpol maupun Caleg agar tetap memenuhi aturan yang berlaku.

Halaman
12
Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved