Benarkah Pesawat Antonov AN-12BP Jadi Sumber Suara Misterius di Langit Jateng? Begini Kata TNI AU

Warga Jawa Tengah, khususnya di wilayah Pekalongan dan Kabupaten Semarang, dihebohkan dengan suara misterius yang meraung-raung

Benarkah Pesawat Antonov AN-12BP Jadi Sumber Suara Misterius di Langit Jateng? Begini Kata TNI AU
Istimewa via Wikipedia
Pesawat kargo Antonov An-12BP UR-CGW 

TRIBUN-BALI.COM,SEMARANG -- Warga Jawa Tengah, khususnya di wilayah Pekalongan dan Kabupaten Semarang, dihebohkan dengan suara misterius yang meraung-raung di langit pada pukul 01.00 WIB dini hari pada Jumat (14/12/2018). 

Namun, asal usul dugaan suara misterius pada pagi dini hari itu mulai menemukan titik terang setelah akun twitter resmi dari TNI AU memberikan keterangan. 

Benarkah?

Namun TNI AU yakin suara misterius yang meraung-raung dan didengar warga Pantura tersebut bukan pesawat Antonov An-12BP. TNI AU menyebut pesawat tersebut selalu termonitor berada di ketinggian 22 ribu kaki.

 
"Nope, pesawat AN-12 milik Ukraina tersebut selama memasuki wilayah udara NKRI selalu termonitor berada di ketinggian 22.000 ft," tulis akun Twitter TNI AU, @_TNIAU menanggapi fenomena tersebut.

Pernyataan tersebut disampaikan TNI AU untuk menjawab pertanyaan pengguna Twitter lain yang menampilkan screenshot Flight Radar 24.

Screenshot tersebut menampilkan rute pesawat Antonov An-12BP.

Menurut TNI AU, ukuran pesawat Antonov An-12BP hampir sama dengan pesawat Hercules C-130.

Namun pesawat tersebut tidak mungkin mengeluarkan suara seperti yang didengar warga jika berada di ketinggian 22 ribu kaki.

Pengamat penerbangan Alvin Lie angkat bicara mengenai heboh suara pesawat di Pekalongan.

Halaman
1234
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved