Anggota DPR Tutik Kusuma Wardhani dan Kepala BI Bali Serahkan Bantuan ke Petani Cabai

Program sosial dari BI ini bisa dimanfaatkan untuk membantu masyarakat kecil, terutama petani, untuk memanfaatkan lahan-lahan tidur.

Anggota DPR Tutik Kusuma Wardhani dan Kepala BI Bali Serahkan Bantuan ke Petani Cabai
Istimewa
Anggota Komisi XI DPR RI dari Partai Demokrat dapil Bali, Tutik Kusuma Wardhani (kelima dari kanan) dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bali Causa Imam Karana (keemat dari kiri) di sela-sela menyerahkan PSBI di Subak Abian Phala Werdi Banjar Gunaksa, Desa Ababi, Kecamatan Abang, Karangasem, Bali, Sabtu (15/12/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA – Anggota Komisi XI DPR RI dari Partai Demokrat dapil Bali, Tutik Kusuma Wardhani bersama Bank Indonesia, sebagai mitra kerja, menyerahkan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada Kelompok Tani Merta buana di Subak Abian Phala Werdi Banjar Gunaksa, Desa Ababi, Kecamatan Abang, Karangasem, Bali, Sabtu (15/12/2018). 

Acara itu dihadiri oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bali Causa Iman Kirana, Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri, Kepala dinas Pertanian Karangasem I Wayan Supandhi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Karangasem I Nyoman Merta Tanaya, Kapolres Karangasem AKBP IGN Agung Ade Panji Anom SIK MAP, perwakilan Dandim Karangasem.

Dalam acara PSBI Program Klaster Ketahanan Pangaan Komoditas Cabai itu juga hadir Camat Abang I Gusti Nyoman Darsana, Kapolsek Abang, Kepala Desa Ababi Wayan Siki, Ketua dan Anggota Kelompok Tani Merta Buana.

Dalam sambutannya, Tutik mengatakan, program sosial dari BI ini bisa dimanfaatkan untuk membantu masyarakat kecil, terutama petani, untuk memanfaatkan dan membangkitkan lahan-lahan tidur. 

Tutik mengaku, dalam melaksanakan program ini, pihaknya tidak bisa bekerja sendirian, tapi bekerjasama dengan dinas-dinas terkait.

“Ini perwujudan Program Nawacita ketiga. Membangun Indonesia dari desa. Sudah ada dana desa. Pak Kades harus memanfaatkan dana desa dan dipakai untuk membangun infrastruktur desa. Dan dana desa bisa diselinergikan dengan bantuan sosial BI ini. Tugas saya sebagai anggota DPR untuk turun dan mendengarkan aspirasi masyarakat dan mencari solusi bagi masyarakat kita mulai dari desa-desa,” kata Tutik yang maju lagi sebagai caleg DPR RI dapil Bali dari Partai Demokrat pada Pemilu 2019.

Tutik meminta agar kita memanfaatkan program pemerintah yang sudah bagus ini untuk sama-sama membangun NKRI. 

“Kita harus bekerja sama seperti tekad Pak Jokowi supaya kita kerja, kerja, kerja. Kami di DPR akan membantu, tapi masyakarat dan pemerintah desa harus punya tekad untuk bekerja keras. Kalau bapak bersedia bekerja keras, astungkara akan ada program lainnya untuk pembangunan. Kami akan berusaha menyambungkan program pemerintah dengan pembangunan di desa,” kata Tutik.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bali Causa Iman Karana mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan kelompok Merta Buana untuk menanam cabai sejak 2017 lalu. 

“Mereka ini sudah berpengalaman bertanam cabai dan sekarang bekerjasama dengan kami. Kami bukan sebagai kelompok tani, tapi kami dalam hal ini mengurusi inflasi. Inflasi itu seperti tuyul. Misalnya, sekarang kita beli cabai dengan berapa rupiah dapat dua genggam, tapi karena inflasi saat membeli cabai beberapa bulan kemudian dengan harga yang sama hanya dapat segenggam. Inilah yang menjadi perhatian BI bekerjasama dengan stake holder terkait lainnya,” ujar CIK, panggilan akrabnya. (*)

Penulis: Kander Turnip
Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved