‘Satwa Nusantara’ Bantu Warga Kembangkan Sektor Peternakan

Aplikasi “Satwa Nusantara” ini diperuntukkan bagi warga Desa Karang Tekok, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

‘Satwa Nusantara’ Bantu Warga Kembangkan Sektor Peternakan
Tribun Bali / Irma Budiarti
XL Axiata melaunching aplikasi “Satwa Nusantara” bertempat di Desa Karang Tekok, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Rabu (19/12/2018) 

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI - Dalam upaya membantu mengentaskan desa tertinggal, kali ini PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) membangun solusi digital inovatif berkonsep Farm Chain Management System (FCMS) “Satwa Nusantara”.

Aplikasi “Satwa Nusantara” ini diperuntukkan bagi warga Desa Karang Tekok, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Aplikasi ini merupakan kerja sama XL Axiata dengan Fakultas Peternakan Universitas Jember dan Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari, Desa Toyomarto, Singosari Malang, Jawa Timur.

Dan hari ini, Rabu (1912/2018), XL Axiata melaunching aplikasi “Satwa Nusantara” bertempat di Desa Karang Tekok, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Acara ini dihadiri Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Samsul Widodo, Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto, dan jajaran PT XL Axiata.

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya yang meresmikan aplikasi ini mengungkapkan bahwa Desa Krang Tekok termasuk kategori desa tertinggal.

Hal ini sesuai data Kementerian Desa dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Republik Indonesia.

Dikatakannya, aplikasi “Satwa Nusantara” akan membantu petani pemilik ternak di Desa Karang Tekok untuk memastikan ternak-ternak mereka, terutama sapi agar pakan dan kondisi kesehatannya terpantau sepanjang tahun, khususnya ketika musim kemarau.

Lanjutnya, sapi merupakan aset bagi warga Desa Karang Tekok.

Sayangnya, selama ini warga harus menghadapi persoalan setiap kali musim kemarau datang.

Halaman
123
Penulis: Irma Budiarti
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved