Wagub Cok Ace Ajak Masyarakat Bali Mencerminkan Budaya Lewat Perilaku

Dalam melihat sebuah kebudayaan tersebut, tentu tidak dilihat hanya sebatas fisiknya semata, tetapi juga melihat pada aspek perilaku

Wagub Cok Ace Ajak Masyarakat Bali Mencerminkan Budaya Lewat Perilaku
Tribun Bali/I Made Prasetia Aryawan
Wakil Gubernur Bali, Cok Ace. 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) menjelaskan bahwa Bali sebagai pariwisata dunia yang berbasis pada budaya.

Dalam melihat sebuah kebudayaan tersebut, tentu tidak dilihat hanya sebatas fisiknya semata, tetapi juga melihat pada aspek perilaku dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Selama ini, kata dia, aspek kebudayaan itu baru bisa ditonjolkan dalam bentuk fisik, baik itu berupa artefak, pura, monumen dan lain sebagainya.

Kedepannya Wagub Cok Ace berharap krama Bali khususnya bisa memberikan suatu perilaku yang mencerminkan kultur atau budaya masyarakat Bali.

"Ini yang sering kita abaikan ketika ketertarikan kita hanya pada unsur-unsur fisik saja, kemudian lupa dan engsap menyame (serta) terjadi kekerasan-kekerasan," jelasnya ketika ditemui usai peringatan Hari Ibu ke-90 dan HUT ke-19 Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bali di Gedung Wiswa Sabha Utama Mandala Kantor Gubernur Bali pada Rabu (19/12/2018).

Bupati Gianyar periode 2008-2013 ini juga mengajak masyarakat Bali untuk mencerminkan budaya masyarakat Bali yang mengendepankan persaudaraan dan etika yang baik.

"Saya rasa ini hari yang baik untuk kita ingatkan bersama," pungkasnya. (*)

Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved