Rekrutmen Fase Pertama Mulai Dibuka Januari 2019, Ini Bedanya P3K dengan PNS

Peraturan yang diteken Presiden Joko Widodo ini memungkinkan masyarakat dapat menjadi ASN, meskipun bukan melalui proses rekrutmen CPNS

Rekrutmen Fase Pertama Mulai Dibuka Januari 2019, Ini Bedanya P3K dengan PNS
Tribun Bali/AA Gde Putu Wahyura
(Ilustrasi. Foto tidak terkait berita) Pengarahan dan jadwal tes kesehatan rekrutmen calon pegawai non PNS/kontrak RSUD Bali Mandara, di halaman BKD Bali, Minggu (16/4/2017). 

TRIBUN-BALI.COM - Jadwal penerimaan pegawai honorer dikeluarkan Kemenpan RB sebagaimanana Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) pada awal Desember 2018 sudah ditetapkan.

Beda dengan CPNS 2018, pendaftaran ini tak melalui login sscn.bkn.go.id.

Peraturan yang diteken Presiden Joko Widodo ini memungkinkan masyarakat dapat menjadi aparatur sipil negara (ASN), meskipun bukan melalui proses rekrutmen calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2018.

Pegawai Honorer atau P3K dapat mengisi jabatan fungsional (JF) dan jabatan pimpinan tinggi (JPT) tertentu sesuai kompetensi masing-masing.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Syafruddin menyampaikan bahwa rekrutmen P3K dapat diikuti oleh seluruh masyarakat.

"P3K terbuka untuk seluruh profesi ahli yang dibutuhkan secara nasional dan sangat berpeluang untuk tenaga honorer yang telah lama mengabdi, juga bagi para diaspora yang kehadirannya dalam birokrasi diharapkan dapat berkontribusi positif bagi Indonesia," kata Syafruddin, dalam rilis pers yang diterima Kamis (20/12/2018).

Dua fase

Deputi SDM Aparatur Kementerian PAN RB, Setiawan Wangsaatmaja mengungkapkan bahwa rekrutmen P3K menurut rencana akan terbagi menjadi dua fase rekrutmen.

"Fase pertama dilaksanakan pada pekan keempat pada bulan Januari 2019," ujar Setiawan.

Sementara, fase kedua akan diselenggarakan setelah pemilihan umum yang akan berlangsung pada bulan April 2019.

Halaman
1234
Editor: Irma Budiarti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved