Sudah Usia 2,5 Tahun Dastan Belum Diadopsi, 42 Bayi Belum Mendapatkan Orangtua Asuh

Bayi-bayi yang dititip-asuhkan di dua yayasan yakni Yayasan Metta Mama dan Yayasan Sayang Bali ini datang dari beragam latar belakang

Sudah Usia 2,5 Tahun Dastan Belum Diadopsi, 42 Bayi Belum Mendapatkan Orangtua Asuh
Tribun Bali/Dwi Suputra
Infografis 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - "Ini namanya Dastan, bayi laki-laki lucu paling besar di yayasan kami, sudah usia 2,5 tahun. Hingga saat ini belum berjodoh mendapat orangtua yang ingin mengadopsi," tutur Ida Ayu Ketut Anggreni selaku Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Provinsi Bali kepada Tribun Bali di ruang kerjanya belum lama ini.

Sembari menjelaskan, ia menunjukkan sebuah buku katalog berisi profil bayi terlantar yang belum mendapatkan orangtua angkat alias belum diadopsi.

Dalam profil tersebut mencantumkan nama sementara si bayi, lokasi penemuan, tanggal lahir, berat badan dan foto-foto lucu masing-masing bayi.

Ada sekamir puluhan bayi dalam katalog itu.

Bayi-bayi yang dititip-asuhkan di dua yayasan yakni Yayasan Metta Mama dan Yayasan Sayang Bali ini datang dari beragam latar belakang.

Ada yang dititipkan lantaran orangtua kesulitan ekonomi, hasil anak di luar nikah atau kehamilan tak diinginkan (KTD). 

"Ada yang memang dibuang, mungkin karena masih muda, pacar tidak mau tanggung jawab. Ada yang dititipkan di orangtua yang masih satu saudara kandung, karena faktor ekonomi ataupun ngidih pianak (mengangkat anak)," urainya.

Baby Dastan menjadi satu diantara ratusan bayi malang yang ditelantarkan di Bali.

Dua tahun silam pada 12 Maret 2016, Dastan ditemukan tergeletak di depan teras rumah di Jalan Waturenggong Gang 10, Denpasar tanpa sehelai benang pun dengan kondisi tali pusar masih menempel.

Beruntung, bayi ini masih dalam keadaan hidup hingga dirawat di Yayasan Metta Mama, tumbuh lucu dan sehat hingga kini.

Halaman
1234
Penulis: eurazmy
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved