Sidak Toko Modern dan Supermarket, DLHK: Masih Ada yang Pakai Kantong Plastik

DLHK Kota Denpasar melakukan sidak di belasan toko modern dan supermarket terkait pengurangan penggunaan kantong plastik

Sidak Toko Modern dan Supermarket, DLHK: Masih Ada yang Pakai Kantong Plastik
Humas Pemkot Denpasar
Sidak pengurangan kantong plastik di toko modern di Denpasar, Rabu (2/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Mulai 1 Januari 2019, Perwali Nomor 36 Tahun 2018 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik di Kota Denpasar telah berlaku.

Rabu (2/1/2018), sehari setelah penerapan Perwali tersebut, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar melakukan sidak di belasan toko modern dan supermarket yang berada di wilayah Kota Denpasar.

Seperti halnya toko buku Gramedia di Wilayah Gatsu telah menerapkan dan mematuhi Perwali terkait tidak menyediakan kantong plastik dalam setiap penjualan, serta menyarankan pembeli untuk membawa tas belanja sendiri.

Menurut Store Manager Gramedia, Adi Foday mengungkapkan pihaknya akan senantiasa menaati Perwali tersebut.

Pihaknya juga menyediakan kantong belanja berbahan kain yang bisa dibeli di kasir.

"Kami juga memiliki Cassava Bag yang dapat terurai secara alami karena terbuat dari bahan alami seperti singkong, jagung, kentang dll, ini hancur dalam air panas dan melunak dalam air dingin, jadi sangat gampang terurai, jadi mungkin ini bisa menjadi solusi untuk mengganti kantong plastik," katanya.

Namun, di beberapa Toko Modern dan Supermarket masih menggunakan kantong plastik.

Dalam sidak yang dipimpin langsung Kadis LHK Denpasar I Ketut Wisada dan melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja ini, masih ditemukan belasan toko modern dan juga supermarket yang masih menyediakan kantong plastik.

Pengakuan beberapa toko modern yang ditemui di kawasan Jalan Nangka Utara mengaku masih dalam tahap pembuatan kantong belanja yang ramah lingkungan.

Halaman
123
Penulis: Putu Supartika
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved