Lion Air dan Wings Air Hapus Layanan Bagasi 20 Kg, Ini Penyebabnya

Pesawat Lion Air akan menghapus layanan bagasi maksimal 20 kilogram bagi setiap penumpang

Lion Air dan Wings Air Hapus Layanan Bagasi 20 Kg, Ini Penyebabnya
Istimewa
Pesawat Boeing 737 MAX 8 (B38M) armada terbaru Lion Air. 

TRIBUN-BALI.COM- Pesawat Lion Air akan menghapus layanan bagasi maksimal 20 kilogram bagi setiap penumpang berlaku mulai 8 Januari 2019 nanti.

Melansir dari Tribun Batam artikel 'Mulai 8 Januari Naik Pesawat Lion Air Ada Biaya Bagasi, Segini Perkiraan Tarifnya', Jumat (4/1/2018), Distrik Manajer Lion Air Group Batam Muhammad Zine Bire membenarkan hal tersebut.

“Iya itu benar. Kebijakan itu berlaku sesuai surat yang beredar,” kata Muhammad Zine Bire yang dihubungi Tribunbatam.id, Jumat (4/1/2018) pagi.

Bukan tanpa alasan, kebijakan tersebut diambil karena melonjaknya biaya operasional saat ini dan naiknya harga dolar AS.

“Kenaikan harga dollar AS berefek juga dengan tingginya biaya operasional kami. Juga biaya operasional Air Port. Melihat ini, maka keluar lah kebijakan itu,” ujarnya

Muhammad Zine Bire menjelaskan, bagasi di Lion Air dengan kapasitas 20 kilogram yang semula gratis akan jadi berbayar.

Hal ini juga berlaku untuk maskapai Wings Air yang semula memberikan bagasi gratis dengan kapasitas 10 kilogram.

“Semua grup Lion Air menerapkan (naik) kebijakan yang sama. Kecuali Batik Air. Masih gratis bagasinya. Yang gratis itu hanya barang tentengan (masuk ke dalam kabin) misalkan tas atau lainnya yang tidak melanggar hukum. Itu pun seperti biasanya hanya bisa 7 kg,” jelasnya.

Mengenai tarif bagasi yang akan diberlakukan, Muhammad Zine Bire menjelaskan bahwa tarif akan berbeda-beda jika calon penumpang telah membli voucher bagasi atau prepaid baggage.

Voucher ini tersedia di travel agent, kantor penjualan Lion Air Group atau melalui website Lion Air Group.

Melalui surat edaran yang dikeluarkan oleh pihak Lion Air Group, voucher bagasi bisa dibeli saat atau setelah issued tiket.

Adanya voucher bagasi itu penumpang akan mendapat biaya yang lebih murah jika dibanding biaya kelebihan bagasi di bandara.

Voucher bagasi ini bisa dibeli paling lambat 6 jam sebelum jam keberangkatan.

Muhammad Zine Bire memberi contoh rute penerbangan Batam - Jakarta “Itu pun kalau belum berubah yah. Nah sementara kalau on spot (di tempat) per kilo Rp 55 ribu. Jadi semua barang yang masuk bagasi setelah berlaku (8 Januari) berbayar,” tambahnya.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Pesawat Lion Air Berlakukan Biaya Bagasi Mulai 8 Januari 2019, Segini Biaya yang Dibayar Penumpang

Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved