Selain Tas Belanja, Ayu Nadi Swalayan Pakai Kardus Sebagai Pengganti Kantong Plastik

Kardus digunakan sebagai alternatif pengganti kantong plastik selama itu masih dibutuhkan oleh pelanggan

Selain Tas Belanja, Ayu Nadi Swalayan Pakai Kardus Sebagai Pengganti Kantong Plastik
Tribun Bali/Noviana Windri Rahmawati
Ayu Nadi Swalayan di Jalan Tukad Batanghari, Dauh Puri Klod, Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali menyediakan kardus sebagai alternatif pengganti kantong plastik, Kamis (3/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Bali/Noviana Windri Rahmawati

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pengurangan penggunaan kantong plastik sekali pakai dan diganti dengan tas ramah lingkungan yang bisa dipakai berkali-kali, sudah disediakan di beberapa toko ritel jaringan di Kota Denpasar, Bali.

Namun, berbeda dengan Ayu Nadi Swalayan yang beralamat di Jalan Tukad Batanghari, Dauh Puri Klod, Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali.

Menurut keterangan AA Ngurah Agung Agra Putra (33), Manager Operasional Ayu Nadi Group, konsumen masih banyak memilih kardus sebagai pengganti kantong plastik sekali pakai.

"Sebelumnya kami pernah juga beberapa kali membagikan kantong belanja secara gratis kepada pelanggan kami. Dengan harapan berikutnya mereka menggunakan kantong belanja tersebut saat berbelanja kembali," tuturnya pada Tribun Bali, Kamis (3/1/2019).

Dikatakan Agra, pihaknya sudah menyediakan tas belanja yang bisa dibeli oleh konsumen, sayangnya tidak semua pelanggan mau membeli tas tersebut dan lebih memilih kardus yang memang disediakan secara gratis.

"Pelanggan kami saat ini memilih memakai kardus dibandingkan membeli tas belanja.
Mungkin itu karena mereka tidak mau membeli (membayar) tas atau bisa jadi karena jenis dan model tas belanja di kami masih terbatas. Untuk itu kami akan coba perbanyak pilihan jenis dan modelnya," tambahnya.

Menurut pengakuannya, kardus digunakan sebagai alternatif pengganti kantong plastik selama itu masih dibutuhkan oleh pelanggan.

Seperti yang disebutkan dalam Perwali No. 36 bahwa untuk mengurangi penggunaan kantong plastik dengan menyediakan alternatif kantong belanja yang lebih ramah lingkungan.

"Jadi SOP pelayanan kami di kasir adalah menanyakan dulu kepada customer apakah membawa kantong belanja sendiri. Jika tidak kami menyarankan untuk membeli kantong belanja yang tersedia di tempat kami atau dibungkus menggunakan kardus," tambahnya.

Halaman
12
Penulis: Noviana Windri
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved