Di India Ada Tiket Naik Pesawat Dijual Rp 11.000 untuk Tidak Terbang ke Mana-mana

Di India ada tiket pesawat yang dijual kurang dari Rp 20.000, meski pesawat itu tidak akan membawa penumpangnya terbang ke mana pun

Di India Ada Tiket Naik Pesawat Dijual Rp 11.000 untuk Tidak Terbang ke Mana-mana
AL ARABIYA ENGLISH/YOUTUBE
Anak-anak mendengarkan penjelasan penggunaan jaket pelampung, saat mengunjungi wahana simulasi penumpang pesawat di India. 

TRIBUN-BALI.COM, NEW DELHI - Tidak semua orang pernah merasakan bagaimana rasanya naik pesawat.

Bahkan banyak yang masih beranggapan bahwa pesawat merupakan sarana transportasi yang mahal.

Tetapi di India, ada tiket pesawat yang dijual dengan sangat murah, yakni kurang dari Rp 20.000, meski pesawat itu tidak akan membawa penumpangnya terbang ke mana pun.

Adalah Bahadur Chand Gupta, seorang pensiunan teknisi pesawat yang kemudian memiliki ide untuk membuat sebuah wahana simulasi penumpang pesawat.

Memanfaatkan sebuah pesawat yang sudah tidak terpakai, Gupta mewujudkan impian bagi mereka yang ingin merasakan bagaimana rasanya menjadi penumpang pesawat.

Dengan hanya membayar sebesar 60 rupee (sekitar Rp 11.000), para pengunjung akan mendapatkan tiket pesawat, masuk ke dalam pesawat, mendengarkan instruksi keamanan, menikmati makanan ringan, bahkan berkesempatan melihat isi ruang kokpit.

Gupta mengisahkan, awal mula dirinya terpikir membangun wahana tersebut demi memberi kesempatan kepada orang-orang, terutama anak-anak dari keluarga kurang mampu, untuk turut merasakan pengalaman menjadi penumpang pesawat.

"Saya mengawali petualangan ini pada 2002 untuk orang-orang kurang mampu yang tidak bisa membeli tiket penerbangan. Saya memperlihatkan kepada mereka pesawat terbang ini," ujar Gupta.

Wahana simulasi penumpang pesawat itu menggunakan sebuah pesawat Airbus 300 yang diparkir secara permanen di sebuah lahan di ibu kota India.

Gupta menceritakan, bagaimana dirinya, yang berasal dari sebuah desa kecil bernama Haryana, yang ada di pusat India.

Halaman
12
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved