Ditjen Hubud Apresiasi INACA dan Maskapai Soal Penyesuaian Tarif Tiket Pesawat

Direktur Jenderal Perhubungan Udara mengapresiasi maskapai dan juga stakeholder penerbangan lainnya yang telah melakukan penyesuaian tarif

Ditjen Hubud Apresiasi INACA dan Maskapai Soal Penyesuaian Tarif Tiket Pesawat
tribunnews
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Dalam konferensi pers yang diadakan oleh Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (INACA), Minggu (13/1/2019), Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B Pramesti mengapresiasi maskapai dan juga stakeholder penerbangan lainnya yang telah melakukan penyesuaian tarif.

"Kami dari Kemenhub, khususnya Ditjen Perhubungan Udara mengapresiasi dan berterima kasih karena INACA dan seluruh maskapai penerbangan telah menyesuaikan tarif pelayanan angkutan udara, sehingga bisa dijangkau oleh masyarakat sebagai pengguna jasa," ucap Polana.

Seperti diberitakan sebelumnya, seluruh maskapai nasional yang tergabung dalam Indonesia National Air Carrier Association (INACA) telah menurunkan tarif tiket penerbangan sejak Jumat 11 Januari 2019, pada beberapa rute penerbangan.

Seperti rute Jakarta-Denpasar, Jakarta-Jogja, Jakarta Surabaya, Bandung-Denpasar dll, dan akan dilanjutkan dengan rute penerbangan domestik lainnya.

Hal ini dilakukan menyusul keprihatinan masyarakat atas tingginya harga tiket dan adanya komitmen positif atas penurunan biaya kebandaraan dan navigasi dari para stakeholder, seperti Angkasa Pura 1, Angkasa Pura 2, AirNav Indonesia dan Pertamina. 

Hal tersebut diungkapkan Ari Askhara, Ketua Umum INACA dalam press conference INACA, pasca melapor ke Kementerian Perhubungan RI di Jakarta, Minggu (13/1/2019).

"Ditengah kesulitan para maskapai, kami tetap paham dan mengerti akan kebutuhan masyarakat, dan kami  memastikan komitmen memperkuat akses masyarakat terhadap layanan penerbangan nasional, serta keberlangsungan industri penerbangan nasional tetap terjaga,” jelas Ketua Umum INACA Ari Askhara.

Ari Askhara menambahkan, seluruh anggota INACA serta seluruh jajaran terkait pemangku kepentingan layanan penerbangan nasional, seperti pengelola bandara, badan navigasi, hingga pemangku kepentingan lainnya telah melaksanakan pembahasan intensif terkait penurunan struktur biaya pendukung layanan kebandarudaraan, dan navigasi agar dapat selaras dengan mekanisme pasar industri penerbangan dan daya beli masyarakat.

Melalui penyesuaian struktur biaya layanan penerbangan tersebut, khususnya pada aspek biaya pendukung layanan kebandarudaraan dan biaya navigasi, maskapai dapat melakukan penyesuaian cost structure operasional layanan penerbangan sehingga dapat menurunkan tarif tiket penerbangan

Halaman
12
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved