Berbagai Pertanyaan Muncul Seputar Rencana Penggantian Nama LPD

Pasalnya di dalamnya mengusulkan beberapa perubahan yang dinilai cukup mendasar, salah satunya mengenai perubahan nama LPD tersebut.

Berbagai Pertanyaan Muncul Seputar Rencana Penggantian Nama LPD
Tribun Bali/Wema Satya Dinata
Gubernur Bali, Wayan Koster. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Koordinator Pembahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Desa Adat, Nyoman Parta mengatakan bahwa dalam pembahasan Raperda itu banyak pertanyaan yang muncul di kalangan anggota dewan Bali.

Hal itu Parta katakan saat ditemui Tribun Bali usai melaksanakan rapat pembahasan Raperda tersebut di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bali, Rabu (16/1/2019) siang.

"Ya ada beberapa hal yang ditanyakan oleh anggota dewan yang membutuhkan penjelasan dari pihak eksekutif sebagai pengusul dari Ranperda ini," katanya menjelaskan.

Salah satu poin yang menjadi pertanyaan itu yakni LPD yang awalnya Lembaga Perkreditan Desa diusulkan untuk diubah menjadi Labda Pacingkreman Desa.

"Itu hampir secara umum teman-teman DPR menginginkan agar tetap bertahan menjadi nama LPD," imbuh Parta.

Semenjak Raperda tentang Desa Adat diajukan secara resmi oleh Gubernur Bali, Wayan Koster ke DPRD Bali pada rapat paripurna ke-19 masa persidangan III, Rabu (19/12/2018) lalu, Raperda ini langsung menjadi perbincangan.

Pasalnya di dalamnya mengusulkan beberapa perubahan yang dinilai cukup mendasar, salah satunya mengenai perubahan nama LPD tersebut.

Gubernur Bali, Wayan Koster saat ditemui awak media usai mengusulkan Raperda tersebut mengatakan bahwa perubahan nama LPD dilakukan agar lebih bernuansa lokal.

"Ya kita ingin supaya nama LPD lebih bernuansa lokal," katanya singkat.

Dalam rapat paripurna penyampaian pandangan umum fraksi mengenai pembahasan Raperda tersebut, Senin (14/1/2019), nyatanya ada pihak- pihak yang tidak setuju, salah satunya dari Fraksi Partai Demokrat.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved